Capello Dipecat, Tapi Senang

Pelatih Rusia yang juga dua kali melatih Real Madrid, Milan dan timnas Inggris, Fabio Capello, dipecat dari pekerjaannya. Tapi ia senang-senang saja. Ya iyalah. Dapat duit PHK sebesar Rp 308 Milyar …

Internasional  - Capello Dipecat, Tapi Senang

Berita Bola: Pelatih Rusia yang juga dua kali melatih Real Madrid, Milan dan timnas Inggris, Fabio Capello, dipecat dari pekerjaannya. Tapi ia senang-senang saja. Ya iyalah. Dapat duit PHK sebesar Rp 308 Milyar …

Rusia telah sepakat untuk mengakhiri kontrak pelatih kepala Fabio Capello dengan persetujuan bersama, demikian pengumuman Uni Sepakbola Rusia (RFU).

Sebuah pernyataan di situs RFU menyebutkan: “Uni Sepakbola Rusia dan pelatih kepala tim nasional Rusia Fabio Capello telah mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak kerja dengan persetujuan bersama.”

“RFU secara tulus berterima kasih kepada Fabio Capello untuk karyanya sebagai pelatih kepala dan berharap dia sukses dalam karir masa depannya.”

“Fabio Capello, pada gilirannya, juga mengucapkan terima kasih kepada RFU untuk bantuan dan dukungan yang telah dirasakan di sepanjang tahun. Dia juga berterima kasih kepada para pemain untuk kerja sama dan untuk fans atas dukungan mereka yang tulus untuk tim.”

RFU sebelum ini telah mempertimbangkan apakah akan memecat Capello setelah kekalahan 1-0 bulan lalu ke Austria mempersempit harapan tim untuk lolos otomatis ke putaran final Euro 2016.

Rusia memenangkan hanya dua dari 10 pertandingan kompetitif terakhir mereka, dengan satu kemenangan datang melawan Liechtenstein dan lainnya diberikan secara gratis oleh UEFA setelah pertandingan melawan Montenegro dibatalkan karena masalah penonton.

Namun, RFU, yang tenggelam dalam utang dan kehabisan uang, telah dihadapkan dengan biaya kompensasi sebesar Rp 308 Milyar untuk memecat sang pelatih asal Italia itu karena dia baru saja menandatangi perpanjangan kontrak yang luar biasa menguntungkan di bulan Januari 2014.

Orang kaya Rusia yang juga pemilik 30% saham Arsenal, Alisher Usmanov harus meminjamkan duit kepada RFU beberapa juta euro pada dua kesempatan untuk membayar gaji Capello, yang terakhir adalah pada bulan lalu, dan para penggemar Rusia telah memulai upaya pengumpulan dana guna membantu menaikkan dana yang diperlukan untuk melunasi uang kompensasi PHK mantan bos Juventus dan Roma itu.

Capello, yang ditunjuk menjadi pelatih Rusia pada Juli 2012, membawa Rusia lolos kualifikasi untuk Piala Dunia 2014 tapi tidak bisa memandu negara tersebut lolos dari penyisihan grup mereka di Brazil.

Dia meninggalkan pos dengan Rusia duduk di posisi ketiga di kualifikasi Euro Grup G, empat poin di belakang Swedia yang menduduki tempat terakhir untuk lolos otomatis tetapi masih berada di jalur untuk mencapai playoff untuk turnamen tersebut.

Sepakbola.cc