Bisa Saja Terbentuk Grup Maut di Pengundian Liga Champions

Bisa Saja Terbentuk Grup Maut di Pengundian Liga Champions. Dengan selesainya babak playoff Liga Champions, yang antara lain meloloskan Arsenal untuk ke-17 kalinya, maka UEFA kini siap melakukan pengundian grup untuk 32 tim paling elit Eropa yang akan adu pintar satu sama lain di musim Liga Champions 2014/2015. Pengundian akan dilakukan Kamis malam ini mulai pukul 22.45 WIB. […]

Internasional Liga Champions Liga Inggris Liga Spanyol  - Bisa Saja Terbentuk Grup Maut di Pengundian Liga Champions

Bisa Saja Terbentuk Grup Maut di Pengundian Liga Champions.

Dengan selesainya babak playoff Liga Champions, yang antara lain meloloskan Arsenal untuk ke-17 kalinya, maka UEFA kini siap melakukan pengundian grup untuk 32 tim paling elit Eropa yang akan adu pintar satu sama lain di musim Liga Champions 2014/2015.

Pengundian akan dilakukan Kamis malam ini mulai pukul 22.45 WIB.

Bagaimana cara kerjanya?

Ke-32 tim itu sudah disusun peringkatnya berdasarkan kriteria prestasinya lima tahun terakhir, serta juga kualitas liga nasionalnya.  Mereka terbagi dalam empat pot. Pot A terdiri dari delapan tim paling elit di benua Eropa dan yang paling difavoritkan merebut trofi juara. Sudah tentu juara bertahan Real Madrid ada di sini. Demikian juga runner up musim silam, Atletico Madrid.

Arsenal berada di Pot A, sementara juara Liga Inggris Manchester City justru ada di Pot B yang kurang favorit. Mengapa? Karena Arsenal sudah 16 kali lolos ke penyisihan grup Champions, sementara City baru tiga kali. Namun gelar juara liga Inggris dua kali dalam tiga tahun terakhir mampu mengangkat koefisien Man City sehingga masuk Pot B.

Bagaimana dengan Juventus yang sudah 14 kali lolos ke penyisihan grup sepanjang sejarah Champions? Koefisien Liga Italia yang dinilai lebih rendah daripada Spanyol, Inggris, Jerman, dan bahkan Portugal, menyebabkan juara Italia itu hanya mampu singgah di Pot B.

Pot B mewakili urutan-urutan favorit berikutnya, demikian pot C dan pot D mewakili klub-klub yang paling dianggap paling remeh dan paling tidak difavoritkan juara.

Lihat daftar setiap kantung di bawah ini.

Internasional Liga Champions Liga Inggris Liga Spanyol  - Bisa Saja Terbentuk Grup Maut di Pengundian Liga Champions

 

Nanti pengundian akan dimulai dengan Pot A. Ditaruh masing-masing satu tim di tiap grup yang jumlah totalnya ada delapan, yakni Grup A sampai dengan Grup H. Karena itu sesama Pot A tidak akan saling bertemu satu sama lain.

Setelah semua klub di Pot A selesai dimasukkan ke semua grup yang tersedia, pengundian dilanjutkan dengan nama-nama di Pot B, C, dan D. Akhirnya terisi penuh setiap Grup berisi 4 klub, masing-masing satu dari Pot A, B, C, dan D.

Juga ada ketentuan, tim-tim dari negara yang sama, meski dipisahkan pot yang berbeda, tidak akan saling bertemu satu sama lain di babak penyisihan grup.

Meski sudah dipisahkan sedemikian rupa, tetap saja ada kemungkinan terbentuknya Grup Maut. Lihatlah misalnya kombinasi dari Real Madrid, Manchester City, Bayer Leverkusen, dan Roma. Atau Chelsea, Juventus, Ajax, dan Monaco. Atau Barcelona, PSG, Liverpool, dan Roma.

Semua kemungkinan bisa terjadi, dan karena ada klub-klub yang berpotensi jadi pembunuh raksasa, pengundian grup ini jadi menarik untuk diamati.

Baiklah, jangan lupa cek lagi situs ini Kamis malam sekitar pukul 22.45 WIB.