Bos Turun Tangan, Franck Ribery Bebas Dari Hukuman

Empat hari lalu Presiden UEFA Michel Platini mengancam Franck Ribery untuk turun bermain bagi tim nasional Prancis, atau ia akan menghadapi resiko dikenai hukuman larangan bermain di Bayern Munich selama tiga pertandingan. Menurut Platini, pelatih timnas-lah yang memutuskan apakah seorang pemain boleh pensiun atau tidak. Namun CEO Bayern Munich Karl-Heinz Rummenigge mengaku terkejut dengan pengumuman Platini pada […]

Internasional Liga Jerman  - Bos Turun Tangan, Franck Ribery Bebas Dari Hukuman
Empat hari lalu Presiden UEFA Michel Platini mengancam Franck Ribery untuk turun bermain bagi tim nasional Prancis, atau ia akan menghadapi resiko dikenai hukuman larangan bermain di Bayern Munich selama tiga pertandingan.

Menurut Platini, pelatih timnas-lah yang memutuskan apakah seorang pemain boleh pensiun atau tidak.

Namun CEO Bayern Munich Karl-Heinz Rummenigge mengaku terkejut dengan pengumuman Platini pada akhir pekan itu.

“Tapi itu semua sudah diselesaikan,” tegas Rummenigger kepada harian Jerman Bild. “Dia tidak akan dipanggil lagi (ke tim nasional)!”

“Semuanya dalam rangka dan sesuai dengan aturan FIFA.”

“Philipp Lahm telah berbicara dengan Joachim Low mengenai pensiun dari tim nasional dan Ribery telah melakukan hal yang sama dengan [manajer Perancis Didier] Deschamps.”

Mantan pemain internasional Prancis itu, yang telah merumput di Bayern Munich sejak 2007, memutuskan pensiun dari tugas internasional pada bulan Agustus menyusul cedera punggung bawah yang mencegah ia ikut ambil bagian di Piala Dunia.

Tapi Platini, yang juga bermain untuk Les Bleus pada dekade 1970-an dan 1980-an, mengungkapkan kekecewaannya, mengklaim  keputusan Ribery tidak sesuai dengan peraturan FIFA, dan bisa mengakibatkan pemain itu dilarang untuk tiga pertandingan jika dia menolak bermain untuk Prancis .

Menurut aturan FIFA, pemain wajib untuk mewakili negaranya ketika dipanggil oleh manajer tim. Namun, Ribery rupanya telah membahas situasi itu dengan manajer Les Bleus Didier Deschamps, dan atasannya memberinya izin. Sehingga hampir tidak mungkin lagi ada panggilan untuk pemain itu di masa depan.

Ribery sudah 81 kali turun membela Prancis, dan terakhir kali bermain vs Belanda dalam pertandingan persahabatan di bulan Maret.

Sebelum ini Presiden Federasi Sepakbola Prancis Noel Le Graet juga mengatakan kepada surat kabar Perancis Le Parisien bahwa Ribery tidak akan punya pilihan lain kecuali bermain untuk Prancis jika dia terpilih masuk dalam skuad untuk laga-laga sang tuan rumah Euro 2016.

Berita terkait:

  • Franck Ribery Dihukum Jika Tolak Panggilan Negara
  • Franck Ribery Akhirnya Pensiun Dari Timnas Prancis
  • Video Highlights: Tanpa Ribery, Perancis Pesta Gol Ke Gawang Jamaika
  • Timnas Perancis ‘Berduka’, Franck Ribery Out!
  • Meski Masih Cedera, Ribery Tetap Ikut ke Brasil