Brasil vs Jerman, Siapa Lebih Unggul di Tiap Lini?

Rabu dinihari pukul 03.00 WIB akan turun bermain Brasil vs Jerman. Keduanya mewakili gengsi dua benua, Amerika Latin vs Eropa. Di antara mereka berdua saja sudah terkumpul delapan dari 19 trofi Piala Dunia yang pernah diperebutkan. Lima di tangan Brasil, tiga Jerman. Brasil merebutnya tahun 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002. Sedangkan Jerman 1954, 1974, dan 1990. Jadi bahkan tanpa […]

Internasional Liga Jerman Piala Dunia  - Brasil vs Jerman, Siapa Lebih Unggul di Tiap Lini?

Rabu dinihari pukul 03.00 WIB akan turun bermain Brasil vs Jerman. Keduanya mewakili gengsi dua benua, Amerika Latin vs Eropa. Di antara mereka berdua saja sudah terkumpul delapan dari 19 trofi Piala Dunia yang pernah diperebutkan. Lima di tangan Brasil, tiga Jerman.

Brasil merebutnya tahun 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002. Sedangkan Jerman 1954, 1974, dan 1990.

Jadi bahkan tanpa kehadiran Neymar yang cedera, dan Thiago Silva yang kena akumulasi kartu kuning, semifinal Rabu dinihari WIB di Belo Horizonte ini menjanjikan tontonan menarik. Keduanya untuk pertama kalinya bertemu sejak final 2002. Ini seperti final yang terlalu cepat. Keduanya seharusnya bertemu di final, bukan semifinal.

Berikut ini analisa lini per lini:

KIPER:
Manuel Neuer membuktikan diri menjadi salah satu pemain terbaik Jerman dalam turnamen ini, terutama di babak sistem gugur. Ia berkali-kali menyelamatkan gawang Jerman dengan cara secepatnya keluar untuk menyingkirkan bola demi bola dalam kemenangan putaran kedua atas Aljazair.  Ia juga membuat penyelamatan penting yang membuat Karim Benzema gagal membawa Prancis menyamakan kedudukan di perempat final. Kiper no 1 di Bayern Munich ini sudah memenangkan segalanya di level klub dan disebut-sebut sebagai kiper terbaik di dunia.

Julio Cesar juga memiliki reputasi kiper top dunia, tapi bisa dibilang belum bisa menyamai prestasi tahun-tahun terbaiknya di Inter Milan. Ia sekarang bermain untuk klub Toronto di Major League Soccer. Sekali pun begitu ia membuktikan sejauh ini, ia tidak pernah kebobolan lebih dari satu gol di tiap laga. Dan kiper berusia 34 tahun ini tampil sebagai pahlawan saat timnya membutuhkan. Ia menepis dua tendangan pemain lawan saat adu penalti vs Chile.

Siapa lebih unggul di lini kiper? Jerman.   Internasional Liga Jerman Piala Dunia  - Brasil vs Jerman, Siapa Lebih Unggul di Tiap Lini?

PERTAHANAN:
Brasil selalu dikenal karena permainan menyerangnya, tapi skuad Piala Dunia kali ini bisa dibilang memiliki nama lebih mengesankan dalam soal pertahanan – terutama sekarang setelah Neymar tersingkir. Namun, sayangnya bek merangkap kapten tim Thiago Silva  kena hukuman larangan tampil di semifinal, yang merupakan pukulan besar untuk lini pertahanan. Brasil memiliki penggantinya, yaitu Dante yang selama ini merumput di Bayern Munich, yang akan mendampingi kapten pengganti David Luiz.  Pelatih Luis Felipe Scolari juga harus memutuskan apakah akan menempatkan Dani Alves kembali di bek kanan, atau setia dengan Maicon yang mengejutkan saat tampil di perempatfinal.

Sisi pertahanan Jerman kelihatan menyedihkan saat laga vs Aljazair, dan pelatih Joachim Loew merespons dengan menyingkirkan bek tengah Per Mertesacker di laga berikutnya serta menggeser kapten Philipp Lahm ke posisi favorinya sebagai bek kanan, bukan gelandang tengah. Hasilnya terlihat saat menghadapi Prancis, pertahanan Jerman tampak solid. Mats Hummels juga kembali menukangi pertahanan tengah, dan bahkan menjebol gawang lawan. Ada benteng yang cukup kokoh di hadapan Neuer.

Siapa lebih unggul di lini belakang? Brasil.

Untuk lapangan tengah dan lini depan, klik NEXT.

Sepakbola.cc