Bukannya Pulang, Fans Ghana Malah Minta Suaka

5

  Sejatinya ketika Timnas yang dibela dalam gelaran Piala Dunia 2014 sudah kalah dan pulang, fans akan ikut mudik juga. Namun hal ini sepertinya tidak berlaku untuk satu negara. Bukannya pulang, fans Ghana malah minta suaka ke Brasil. Ya, kedatangan fans Ghana ke Brasil malah dijadikan momentum untuk mencari suaka, menetap untuk sekaligus bekerja di […]

Internasional Piala Dunia  - Bukannya Pulang, Fans Ghana Malah Minta Suaka

 

Sejatinya ketika Timnas yang dibela dalam gelaran Piala Dunia 2014 sudah kalah dan pulang, fans akan ikut mudik juga. Namun hal ini sepertinya tidak berlaku untuk satu negara. Bukannya pulang, fans Ghana malah minta suaka ke Brasil.

Ya, kedatangan fans Ghana ke Brasil malah dijadikan momentum untuk mencari suaka, menetap untuk sekaligus bekerja di Brasil. Aparat setempat memperkirakan bukan hanya satu atau dua, namun lebih dari 200 pendukung Ghana meminta suaka setelah mereka berhasil memasuki Brasil dengan visa turis.

Ghana memainkan sejumlah pertandingannya dalam tahap grup di ibukota Brasil, Brasilia, dan kota-kota di bagian timur laut, Natal dan Fortaleza, sebelum mereka tersingkir di fase grup Piala Dunia.

Mereka yang juga adalah para pencari kerja itu, sebelumnya juga datang dalam gelombang imigran Afrika ke Brasil bagian selatan.

Ratusan warga Ghana yang masuk Brasil sebagai wisatawan untuk menonton pertandingan Piala Dunia telah meminta suaka, polisi di Brasil selatan.

Noerci da Silva Melo, Kepala Kepolisian Brasil, mengatakan bahwa selama seminggu terakhir ada sekitar 200 fans Ghana datang meminta suaka.

Departemen Kehakiman setempat mengaku tengah mempertimbangkan apakah akan mengabulkan permohonan mereka untuk diizinkan bekerja di Brasil atau tidak.

“Mereka merasa bahwa mereka dapat mencari pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik di Brasil,” ucap Vanessa Perini Moojen, seorang aktifis Migrant Centre setempat.