Calon Wasit Final Piala Dunia 2014

8

  Menjadi pengadil dalam laga krusial di gelaran Piala Dunia 2014 jelas bukan perkara yang mudah. Seiring kian disorotnya performa para wasit, mau tidak mau pembenahan harus terus dilakukan. Termasuk untuk calon wasit final Piala Dunia 2014 nanti. Kini Howard Webb merupakan salah satu dari 15 wasit yang dipertahankan untuk empat laga terakhir gelaran pesta […]

Internasional Piala Dunia  - Calon Wasit Final Piala Dunia 2014

 

Menjadi pengadil dalam laga krusial di gelaran Piala Dunia 2014 jelas bukan perkara yang mudah. Seiring kian disorotnya performa para wasit, mau tidak mau pembenahan harus terus dilakukan. Termasuk untuk calon wasit final Piala Dunia 2014 nanti.

Kini Howard Webb merupakan salah satu dari 15 wasit yang dipertahankan untuk empat laga terakhir gelaran pesta bola dunia ini. Sesuai rilis Guardian pada Senin (07/07/2014), wasit asal Inggris itu rencananya bakal menjadi pengadil utama di partai final.

Dari total 15 wasit yang tersisa, hanya satu berasal dari salah satu negara semifinalis, yakni Sandro Meira Ricci dari Brasil. Di mana, Brasil akan bertemu Jerman di Belo Horizonte pada Selasa, 8 Juli 2014.

Namun sepertinya Ricci tidak akan mengadili pertandingan penting tersebut. Namun wasit asal Meksiko, Marco Rodriguez yang didaulat menjadi penengah pertempuran dua raksasa dunia itu.

Sementara untuk semifinal lainnya antara Belanda dengan Argentina, FIFA belum memutuskan siapa pengadil duel yang akan berlangsung di Sao Paulo tersebut.  Hingga kini, Webb sudah memimpin dalam dua pertandingan yaitu ketika Kolombia menang 2-1 atas Pantai Gading di babak penyisihan grup, serta pertemuan Brasil dan Chile di babak 16 besar.

Webb tercatat sempat berada dalam tekanan saat menengahi pertandingan Brasil versus Chile. Namun pada akhirnya, ia menerima pujian setelah menganulir gol Hulk karena dianggap handball.

Sebelumnya, Webb merupakan pemimpin final Piala Dunia 2010 antara Spanyol versus Belanda. Bila melihat sejarahnya, belum ada wasit yang pernah diberikan dua final Piala Dunia. Jika Webb mendapat tugas tersebut maka ia akan menjadi wasit pertama yang pernah memimpin dua partai puncak Piala Dunia.