Carlo Ancelotti Dapat Dukungan Latih Timnas Italia

Federasi Sepakbola Italia (FIGC) dipastikan pecat Gian Piero Ventura setelah Timnas Italia gagal melaju ke Piala Dunia Rusia 2018.. Ini dia calon penggantinya, nih!

Carlo Ancelotti

Italia akan berusaha singkirkan kekecewaan akibat gagal melaju ke Rusia tahun depan, dan langkah pertama yang akan dilakukan adalah memberhentikan Gian Piero Ventura.

Menurut La Gazzetta dello Sport, bos Italia tersebut diperkirakan akan dipecat pada Rabu (15/11) waktu setempat, meskipun presiden FIGC, Carlo Tavecchio, menolak berikan komentar apapun setelah Swedia singkirkan Azzurri di babak playoff.

Setelah kegagalan Italia mencapai putaran final Piala Dunia tahun depan, La Gazzetta menjalankan sebuah jajak pendapat mengenai potensi penerus Ventura. Jajak pendapat inipun dimenangkan Carlo Ancelotti, yang banyak dipilih orang untuk jadi pelatih Timnas Italia yang berikutnya.

Mantan pelatih Bayern Munchen itu dipilih oleh hampir 70 persen suara. Ancelotti memang dikabarkan sudah siap, setelah ia tinggalkan Bayern di awal musim ini.

Masalahnya, Ancelotti sama sekali belum pernah berhasil di level internasional. Pastinya, tak sedikit pula pelatih yang berminat untuk mengasuh Italia.

Kandidat lainnya adalah Antonio Conte, Massimiliano Allegri dan Roberto Mancini. Namun, ketiganya sama-sama masih terikat dengan klub, dan tidak ada yang tak punya pekerjaan.

Sejauh ini, Conte dikabarkan ingin tinggalkan Chelsea. Ia punya kemungkinan yang sangat terbuka untuk kembali ke Timnas Italia.

Sementara Allegri, yang saat ini masih menjadi pelatih Juventus, dapat dibujuk untuk mengasuh tim nasional setelah bertahun-tahun ia hanya terlibat dalam manajemen klub.

Sedangkan Mancini, sejauh ini bukanlah pilihan populer dalam polling Gazzetta tersebut. Mantan pelatih Inter Milan dan Manchester City itupun saat ini masih bertanggung jawab atas Zenit Saint Petersburg.

Harian Italia tersebut juga menyarankan agar manajer Timnas Italia U-21, Luigi di Biagio, dapat mengambil alih pekerjaan di timnas senior sampai akhir musim ini, sementara FIGC menunggu kandidat lain untuk hadir dan menyeleksi seluruhnya.

Sebelum gelaran Piala Dunia di Rusia tahun depan, Italia masih memiliki dua jadwal pertandingan persahabatan pada Maret mendatang. Yakni, melawan Timnas Argentina dan Inggris.

Sepakbola.cc