Cetak 19 Gol Dalam 20 Laga, Wanita Ini Dicurigai Laki-laki

  Karena terjadi di Korea Selatan, kita bisa menyebut cerita ini mirip sinetron Korea. Liga sepakbola wanita Korea, WK-League, memiliki tujuh tim dan memulai musim resmi pertamanya pada 2009. Ibukota negara diwakili oleh klub Seoul City Amazones, yang disponsori oleh pemerintah metropolitan. Bintang Amazones adalah penyerang Park Eun-Seun. Park begitu dominan sehingga tim lain bertanya-tanya apakah Park mungkin seorang […]

Internasional  - Cetak 19 Gol Dalam 20 Laga, Wanita Ini Dicurigai Laki-laki

 

Karena terjadi di Korea Selatan, kita bisa menyebut cerita ini mirip sinetron Korea.

Liga sepakbola wanita Korea, WK-League, memiliki tujuh tim dan memulai musim resmi pertamanya pada 2009. Ibukota negara diwakili oleh klub Seoul City Amazones, yang disponsori oleh pemerintah metropolitan.

Bintang Amazones adalah penyerang Park Eun-Seun. Park begitu dominan sehingga tim lain bertanya-tanya apakah Park mungkin seorang pria.

Park adalah pencetak gol terbanyak liga selama musim 2013, menjaringkan 19 gol dari 20 laga. Tidak ada pertanyaan soal keterampilan Park atau pun tubuh atletiknya setinggi 180 sentimeter dan 74 kilogram.

Internasional  - Cetak 19 Gol Dalam 20 Laga, Wanita Ini Dicurigai Laki-laki

Apa enam tim lain di liga itu pertanyakan, adalah jenis kelamin Park.

Pada tanggal 1 November 2013, enam manajer klub mengeluarkan sebuah pernyataan bersama melalui fax ke pejabat WK-League. Mereka menuntut pemeriksaan kelamin atas Park Eun-Seun. Jika Park dibiarkan terus bermain tanpa menjalani pemeriksaan jenis kelamin, mereka akan memboikot musim mendatang.

Ini bukan pertama kalinya ada insiden semacam ini.Menjelang Piala Asia Perempuan 2010, manajer tim nasional Tiongkok meminta secara resmi tes gender atas Park jika ia turun sebagai salah satu pemain tim Korea. Pada waktu itu, Park tidak jadi turun, dan tidak ada tes apa pun.

Park, tentu saja jengkel oleh tuduhan-tuduhan semacam itu. Melalui akun Facebooknya ia menjawab, “Sebelum kedua Piala Dunia dan Olimpiade, saya menjalani pemeriksaan jenis kelamin, dan untuk keduanya saya dinyatakan lolos,” kata pemain berusia 27 tahun itu. “Saya selalu dipaksa masuk ke dalam situasi harus membela diri, dan itu memalukan serta menyakitkan.”

Internasional  - Cetak 19 Gol Dalam 20 Laga, Wanita Ini Dicurigai Laki-laki

Manajer Amazones, Seo Jung-ho, dengan cepat datang untuk membela bintangnya. “Ini semua konspirasi yang dilakukan oleh manajer dari tim-tim lain di liga,” tegasnya.

Meskipun menjadi kontroversi, Seo mengklaim bahwa Park berkomitmen untuk fokus pada penampilannya di lapangan, yang dikuatkan oleh pernyataan yang dibuat oleh Park sendiri. “Saya meminta fans saya untuk tetap mendukung saya. Aku tidak akan membiarkan tuduhan ini mengalihkan perhatian saya, bahkan jika itu adalah niat bodoh dari mereka yang membuatnya.”

Walikota Seoul, Park Won-soon (tidak ada hubungannya famili dengan pemain sepakbola dengan siapa ia berbagi nama keluarga), juga telah menawarkan sokongan untuk sang striker. “Bahkan lebih dari sebagai walikota, sebagai seorang ayah dengan putri saya sendiri, saya ingin melakukan apapun yang saya bisa untuk melindungi hak-hak individu dan kesejahteraan emosional dari Park Eun-Seun.”