Chapecoense Diusulkan Jadi Juara Copa Sudamericana

28

Berita Bola – Klub Kolombia Atletico Nacional telah meminta CONMEBOL untuk memberikan gelar juara Copa Sundamericana kepada Chapecoense.

Internasional  - Chapecoense Diusulkan Jadi Juara Copa Sudamericana

Internasional  - Chapecoense Diusulkan Jadi Juara Copa Sudamericana

Berita Bola – Klub Kolombia Atletico Nacional telah meminta CONMEBOL untuk memberikan gelar juara Copa Sundamericana kepada Chapecoense.

Klub Atletico Nacional sedianya akan melawan Chapecoense dalam laga final Copa Sundamericana pada Rabu (30/11) atau Kamis WIB. Namun laga itu tak akan pernah ada karena tim tamu asal Brasil itu mengalami kecelakaan pesawat dalam perjalanan ke Kolombia, Senin malam waktu setempat.

Sebuah pesawat carteran yang mengangkut tim Chapecoense dan tim ofisial ke bandara internasional Medellin di Kolombia dengan membawa 77 orang di dalamnya jatuh pada Senin malah waktu setempat, insiden tersebut menewaskan 71 penumpangnya dan 6 lainnya berhasil diselamatkan.

Klub yang berasal dari kota kecil Chapeco itu sedang berada di musim terbaik mereka. Mereka dipromosikan ke liga papan atas Brazil pada tahun 2014 untuk pertama kalinya sejak tahun 1970-an dan pekan lalu berhasil mencapai babak final Copa Sundamericana setelah mengalahkan dua tim kuat dari Argentina, San Lorenzo dan Independiente, serta Kolombia Junior.

Atletico Nacional mengatakan mereka telah meminta CONMEBOL untuk memberikan gelar juara kepada lawan mereka akibat insiden tersebut.

“Atletico Nacional telah mengundang CONMEBOL untuk memberikan gelar Copa Sundamericana ke Asosiasi Sepakbola Chapecoense sebagai kehormatan atas kehilangan besar dan penghormatan anumerta kepada para korban kecelakaan tragis yang kami semua sangat berduka atas mereka,” begitu bunyi pernyataan resmi klub.

“Bagi kami, dan selamanya, Chapecoense akan menjadi juara Copa Sundamericana tahun 2016.”

Copa Sundamericana adalah kompetisi level dua di Amerika Selatan, di bawah Copa Libertadores, yang melibatkan klub-klub di seluruh benua. Final dimainkan dalam dua leg, dengan masing-masing tim akan menjamu tim lawan di kandang mereka.

Beberapa klub top Brazil juga telah mengatakan bahwa mereka ingin memberikan pemain untuk Chapecoense dengan status pinjaman gratis untuk musim 2017.

Mereka juga mengatakan klub tidak harus terdegradasi ke divisi dua selama tiga tahun karena baru pulih dari bencana, meskipun rincian finansial tentang bagaimana semua ini akan bekerja belum dikeluarkan untuk publik.

Chapecoense aman dari degradasi di Brazil Serie A musim ini, mereka berada di tempat kesembilan dengan satu pertandingan tersisa.

Sebagai penghormatan, juara liga Brazil Palmeiras membuat permintaan kepada Konfederasi Sepakbola Brazil untuk memakai jersey Chapecoense dalam pertandingan terakhir mereka pada 11 Desember mendatang.

Para pemain top dan tim-tim di seluruh dunia, termasuk Barcelona dan Real Madrid, juga mengirim pesan belasungkawa mereka kepada keluarga korban kecelakaan tersebut.