Chelsea Tampil Hebat, Taktiknya Ditiru Timnas Inggris

Timnas Inggris akan menggunakan formasi tiga bek seperti yang sukses diterapkan oleh Chelsea di bawah arahan Antonio Conte selama ini.

Gareth Southgate

Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate berencana untuk meniru taktik Chelsea dalam upaya meraih kesuksesan di Piala Dunia 2018 bersama timnas Inggris.

Formasi 3-4-3 diterapkan pelatih Chelsea Antonio Conte saat mengalahkan Arsenal dengan skor 3-0 pada September 2016 lalu. Sejak saat The Blues selalu menggunakan taktik tiga bek di setiap pertandingan.

Perubahan taktik itu terbukti sukses membawa Chelsea menyabet gelar Liga Inggris, menyelesaikan liga dengan tujuh poin di atas Tottenham Hotspur yang berada di posisi kedua klasemen akhir musim lalu.

Pelatih timnas Inggris Southgate mengatakan: “Saya pikir tiga bek di lini belakang adalah hal yang harus dilakukan.”

“Saya pikir ini adalah pilihan yang lebih baik, jika kami ingin membangun permainan dari belakang.”

“Kami akan mendapatkan keuntungan jika kami tidak selalu membalikkan bola ke belakang. Tapi saya pikir ini memberi kami stabilitas yang baik dan ini memberi kami solusi yang lebih mudah bagi pemain lini tengah kami juga.”

Sejumlah tim Liga Primer kini mulai mencontoh formasi The Blues tersebut dan Southgate berenana akan bereksperimen dengan formasin itu dalam pertandingan persahabatan melawan Jerman dan Brasil.

Southgate sudah menggunakan sistem ini untuk pertama kalinya dalam kualifikasi Piala Dunia dalam kemenangan 1-0 atas Lithuania, Selasa (10/12) setelah sebelumnya dia lebih senang memakai formasi 4-2-3-1.

Formasi tersebut akan mendapat ujian berat bulan depan di laga persahabatan melawan Jerman dan Brasil masing-masing pada tanggal 10 dan 14 November.

“Kita harus memiliki konsistensi dalam formasi, dan kita akan melihat konsistensi para pemain dalam melakukannya,” katanya.

“Kita harus fokus pada sistem dan benar-benar mencoba mengasahnya, itu mungkin berarti kita harus meninggalkan beberapa pemain bagus.”

Sepakbola.cc