Copa America: Brasil Pulangkan Kaka

17

Berita Bola — Pupus harapan Ricardo Kaka untuk memperkuat timnas Brasil di ajang Copa America Centenario 2016. Dia dipulangkan ke klub asalnya Orlando City hanya tiga sehari sebelum turnamen ini dimulai.

 

Berita Bola — Pupus harapan Ricardo Kaka untuk memperkuat timnas Brasil di ajang Copa America Centenario 2016. Dia dipulangkan ke klub asalnya Orlando City hanya tiga sehari sebelum turnamen ini dimulai.

Federasi Sepak Bola Brasil, Kamis (2/6) WIB, mengumumkan telah mencoret Kaka dari daftar skuad Copa America Centenario karena pemain tersebut mengalami cedera hamstring. Cedera itu dialaminya saat mengikuti sesi latihan dua hari lalu.

Kaka sejatinya dipanggil memperkuat Brasil untuk menggantikan posisi pemain Bayern Munchen, Douglas Costa yang absen di turnamen ini karena cedera. Sebagai pengganti mantan pemain Milan dan Real Madrid ini, timnas Brasil telah memanggil pemain Sao Paulo, Paulo Henrique Ganso, masuk dalam daftar 23 nama pemain untuk tampil di Copa America.

“Kaka mengeluh ada masalah di ototnya saat mengikuti sesi latihan. Setelah dilakukan pemeriksaan, dia didiagnosis mengalami cedera hamstring dan perlu 20 hari istirahat. Karena itu dia dicoret,” kata Gilmar Rinaldi direktur teknikm tim nasional Brasil dilansir dari ESPN, Kamis.

Kegagalan Kaka membela Brasil sendiri meneruskan torehan negatif dalam karir pemain tersebut. Ia tak pernah satu kali pun tampil di ajang Copa America, meski pernah merebut gelar Pemain Terbaik Dunia dan tampil di tiga Piala Dunia.

Sebenarnya Kaka berpeluang tampil di Copa America 2007, saat Brasil keluar sebagai juara. Namun, saat itu ia memilih untuk mundur setelah kelelahan membela Milan di Serie A dan Liga Champions.

Adapun Ganso, 26, sudah tidak lagi bermain untuk Brasil sejak 2012 silam. Di pertandingan terakhirnya membela tim nasional, ia dimasukkan sebagai pemain pengganti dalam kemenangan 2-1 atas Bosnia-Herzegovina di sebuah laga uji coba.

Sebelum itu, Ganso selalu menjadi andalan Brasil, dengan ia menjadi pemain kunci di Copa America 2011 untuk negaranya, yang waktu itu disingkirkan Paraguay lewat drama adu tendangan penalti di babak perempat-final.

Copa America Centenario akan mulai bergulir pada Jumat ini waktu setempat, 3 Juni 2016 atau Sabtu WIB. Sedangkan Brasil baru menjalani laga pertama melawan Ekuador satu hari berselang atau pada Minggu 5 Juni. Selanjutnya mereka bertemu Haiti (9/6) dan Peru (13/6).