Daftar 12 Kaos Sepakbola Terlaris

48

Satu lagi bukti bahwa popularitas Premier League masih sedikit di atas La Liga. Dan ini bukan kampanye hitam. Real Madrid dan Manchester United sama-sama berhasil menjual rata-rata 1,5 juta kaos replika resmi secara global setiap tahunnya selama lima tahun terakhir, menjadikan mereka berdua sebagai pemilik kaos bola terpopuler di dunia sepakbola. Raksasa komersial sepakbola Spanyol dan Inggris itu […]

Daftar 12 Kaos Sepakbola Terlaris - berita Internasional Liga Inggris Liga Italia Liga Jerman Liga Spanyol
Satu lagi bukti bahwa popularitas Premier League masih sedikit di atas La Liga. Dan ini bukan kampanye hitam.

Real Madrid dan Manchester United sama-sama berhasil menjual rata-rata 1,5 juta kaos replika resmi secara global setiap tahunnya selama lima tahun terakhir, menjadikan mereka berdua sebagai pemilik kaos bola terpopuler di dunia sepakbola.

Raksasa komersial sepakbola Spanyol dan Inggris itu memuncaki angka penjualan dari musim 2009-10 sampai 2013-14, menurut penelitian baru sebuah konsultan pemasaran olahraga internasional terkemuka.

Real Madrid menduduki puncak tangga penjualan, diikuti oleh Manchester United. Barcelona menduduki posisi No 3 pada daftar penjualan, diikuti oleh Bayern Munich, Chelsea, Arsenal dan Liverpool.

Daftar 12 Kaos Sepakbola Terlaris - berita Internasional Liga Inggris Liga Italia Liga Jerman Liga Spanyol

Di sinilah terlihat bahwa Premier League masih lebih populer dibandingkan La Liga, dengan empat klub Inggris dalam daftar 12 penjual baju terpopuler. Spanyol, Prancis dan Italia masing-masing menempatkan dua tim, sementara Jerman dan Turki mengirim satu tim masing-masing.

Kejutan terbesar mungkin adalah bahwa meskipun memenangkan sejumlah piala di musim terakhir, sang juara Premier League Manchester City belum berhasil mengubah kesuksesan mereka ke dalam penjualan merchandise klub.

Man City menjual hampir 300.000 kemeja musim lalu menurut penelitian, tetapi rata-rata lima tahun terakhir mereka lebih dekat ke angka 200.000 per tahun, belum cukup untuk masuk ranking 12 penjual kaos terbesar ini.

Berdasarkan harga baju rata-rata Rp 769.000 untuk kemeja dewasa lengan pendek, pendapatan dari kemeja saja bernilai sekitar  Rp 1,15 Trilyun per tahun untuk Real Madrid dan Manchester United, serta Rp 672 Milyar per tahun ke klub terkemuka lainnya di Premier League.

Angka-angka ini disusun oleh analis veteran Dr Peter Rohlmann dan timnya di biro konsultan, PR Marketing, yang telah bekerja sebagai konsultan untuk merek-merek utama dunia, liga dan organisasi terkemuka lainnya.

Rohlmann mengatakan: ‘Perubahan pemasok kit dan keberhasilan olahraga, serta daya tarik global dan kehadiran internasional, terus menjadi alasan utama untuk penjualan kemeja.”

Dalam hal penjualan barang dagangan secara keseluruhan, yakni penjualan kemeja ditambah kit lainnya, termasuk sepatu, baju olahraga dan pakaian lainnya, tas dan bahkan bola sepak dengan merek klub (yang tidak tercakup dalam penelitian ini)  maka Manchester United dan Liverpool tetap menduduki dua terbesar penjual global, mengalahkan saingan Spanyol mereka.