Berita Bola - Daftar Calon Kapten Manchester United Musim Ini -

Meneer Louis van Gaal punya satu kebiasaan antik, yaitu menunjuk kapten tidak pakai lihat senioritas. Siapa saja pemain di skuadnya, asal dia lihat punya potensi mengatur ritme serangan dan pertahanan tim, maka orang itu akan ditunjuk jadi kapten. Siapa saja kandidat kapten tim musim ini?

Pelatih berusia 62 tahun itu sudah pernah ngomong, ia akan mengambil waktu sebelum menyerahkan ban kapten yang pernah dikenakan oleh Nemanja Vidic kepada orang lain. Dia juga mengatakan bahwa siapa pun di timnya bisa mewarisi ban kapten.

“Semua pemain mungkin jadi kandidat,” katanya. “Saya harus mengenal mereka. Saya menggunakan empat atau lima atau enam minggu. Bagi saya, peran kapten sangat penting dan karena itu saya perlu waktu.”

“Kadang-kadang saya tidak punya waktu dan kemudian Anda membuat keputusan yang cepat, namun keputusan yang cepat tidak selalu baik, jadi saya menggunakan waktu saya.”

Keputusan Van Gaal untuk memberikan setiap pemain kesempatan seharusnya tidak mengejutkan siapa pun. Legenda Belanda Dennis Bergkamp pernah menulis, “Semua pemain setara di mata van Gaal”.

Meski begitu tampaknya hanya ada lima pemain yang punya peluang, yakni Wayne Rooney, Robin van Persie, Michael Carrick, Juan Mata, dan David de Gea. Sedangkan Patrice Evra boleh dicoret dari daftar karena dia sedang dikaitkan dengan kepindahan ke Juventus.

Rooney adalah favorit terkuat karena telah menjadi pemain yang setia sejak tahun 2004. Dia mendapatkan rasa hormat dari sesama rekan Setan Merah dan itu saja sudah membuat dia menjadi calon teratas untuk menjadi kapten klub.

Tidak seperti Rooney, van Persie pernah menjadi kapten tim klub dan ia juga mengenakan ban kapten untuk negaranya di bawah bimbingan van Gaal. Ketika kesehatannya sempurna, “Flying Dutchman” adalah sosok yang sangat mendominasi di lapangan. Keunggulan teknis dan taktis membuatnya menjadi pria sempurna yang bisa dicontoh para pemain muda.

Satu-satunya tanda tanya terhadap pemain berusia 30 tahun itu adalah kesehatannya. Ada laporan bahwa ia tidak akan ikut serta dalam rombongan ke Amerika Serikat untuk tur pra-musim MU.

Usia Michael Carrick dan karir yang panjang di Liga Utama Inggris adalah alasan mengapa ia akan menjadi calon pemimpin yang ideal. Pemain berusia 32 tahun itu tahu setiap trik dalam buku dan telah bermain dengan berbagai jenis orang selama karirnya. Jika Van Gaal membuat pemain timnas Inggris ini sebagai kaptennya, itu berarti dia benar-benar mencintai kepribadiannya. Carrick akan absen selama dua bulan pertama musim ini setelah menjalani operasi ligamen di pergelangan kaki kirinya.

Baru memasuki musim kedua di Old Trafford, kemungkinan Mata menjadi kapten sangat tipis. Namun, pemain timnas Spanyol tampaknya seperti tipe pria yang dicintai oleh semua orang. Dia baik, menarik, dan dia tidak terlalu buruk di lapangan.

De Gea juga mungkin menjadi salah satu kandidat karena dia termasuk pemain MU paling konsisten musim lalu. Kiper muda itu solid di bawah mistar meskipun pertahanan MU agak lemah. Jika ia dapat membuktikan kepada van Gaal bahwa ia mampu mengkoordinasikan sisi pertahanan, maka mungkin saha dia mengenakan ban kapten.