Daftar Lengkap Kota-kota Tuan Rumah Bersama Euro 2020

526

Sepakbola pulang ke negeri asalnya. Semacam itulah. Setelah Wembley Inggris disebut oleh UEFA sebagai tuan rumah semifinal dan final untuk Euro 2020, manajer Inggris Roy Hodgson memprediksi keputusan itu akan memberikan insentif besar bagi para pemain muda di skuad Inggris. Presiden UEFA Michel Platini menegaskan bahwa kepada Wembley diberikan apa yang disebut “paket final” (dua semifinal […]

Internasional Liga Inggris Piala Eropa  - Daftar Lengkap Kota-kota Tuan Rumah Bersama Euro 2020
Sepakbola pulang ke negeri asalnya. Semacam itulah.

Setelah Wembley Inggris disebut oleh UEFA sebagai tuan rumah semifinal dan final untuk Euro 2020, manajer Inggris Roy Hodgson memprediksi keputusan itu akan memberikan insentif besar bagi para pemain muda di skuad Inggris.

Presiden UEFA Michel Platini menegaskan bahwa kepada Wembley diberikan apa yang disebut “paket final” (dua semifinal plus satu partai final) setelah Asosiasi Sepakbola Jerman, satu-satunya pesaing, mengatakan lebih tertarik menjadi tuan rumah Euro 2024 secara keseluruhan dan dengan demikian mundur dari persaingan. Sebelumnya Munich bersama London menawarkan diri untuk “paket final” tersebut.

Ketua FA Greg Dyke mengatakan, tidak ada kesepakatan yang mengikat dengan Jerman, yang kali ini menjadi tuan rumah satu laga perempat final dan tiga laga grup di Allianz Arena, Munich, tetapi menegaskan bahwa kemungkinan mereka akan mendukung Jerman untuk Euro 2024.

Hampden Park Glasgow dan Stadion Aviva Dublin masing-masing juga dipilih menjadi tuan rumah tiga laga grup dan satu laga 16 Besar, namun Stadion Millennium Cardiff di Wales tersingkir.

“Wembley adalah stadion yang besar. Sudah dibangun kembali sejak tahun 1996 dan sekarang menjadi stadion yang indah,” kata Dyke, mengenang kali terakhir Inggris menjadi tuan rumah turnamen sepakbola besar di Euro 96.

“Beberapa pemain nasional saat ini masih akan ada pada tahun 2020 dan ini akan menjadi ambisi besar bagi mereka untuk membawa kami ke Wembley. Ini merupakan insentif besar.”

Hodgson mengatakan, bahwa sementara ia berfokus pada kualifikasi Euro 2016 di Prancis, keberhasilan FA dalam mengamankan semifinal dan final adalah “kehormatan besar dan dorongan besar” untuk sepakbola Inggris.

“Untuk tim muda yang baru muncul, banyak dari para pemain akan berada di tahun terbaik sepakbola mereka pada tahun 2020,” kata manajer Inggris berusia 67 tahun itu. “Jika para pemain muda saat ini tidak menggunakan ini untuk memotivasi diri mereka maka mereka membuat kesalahan. Pada tahun 2020 beberapa dari mereka akan bermain di turnamen besar kelima mereka dan itu adalah jenis pengalaman yang tidak bisa Anda beli.”

Skema Platini untuk menggelar Piala Eropa di 13 negara muncul setelah Turki menarik diri dari rencana menjadi tuan rumah turnamen dan dilakukan sebagai cara merayakan 60 tahun turnamen Euro. Namun rencana ini telah menimbulkan kontroversi.

London akan menjadi tuan rumah “pekan sepakbola” di puncak turnamen Euro 2020 yang akan dimainkan di 13 negara, mulai dari Republik Irlandia di barat sampai ke Azerbaijan di timur. Ibukota Azerbaijan, Baku, akan menjadi tuan rumah satu laga perempat final dan tiga laga penyisihan grup, bersama dengan Munich, Roma dan St Petersburg.

Copenhagen, Bucharest, Amsterdam, Bilbao, Budapest dan Brussels, sama seperti Dublin dan Glasgow, akan menjadi tuan rumah satu laga 16 Besar dan tiga laga penyisihan grup.

Kota-kota akan dikelompokkan dalam kelompok geografis.

Sekretaris Jenderal UEFA Gianni Infantino menegaskan bahwa hak tuan rumah untuk lolos langsung ke putaran final tidak berlaku.

Namun mereka yang berhasil lolos dari kualifikasi grup seperti yang dijalankan bulan-bulan ini sampai 2015, akan dijamin memainkan dua laga di negaranya sendiri.  Pengecualian adalah Inggris, yang harus mencapai semi final untuk bisa bermain di depan fans mereka sendiri.

Seperti banyak skema megah Platini, visi turnamen pan-benua untuk tahun 2020 telah menimbulkan banyak reaksi.

Beberapa percaya hal itu akan memberi perubahan yang menyegarkan. Dan karena menggunakan stadion yang ada, hal itu menghindari pengeluaran besar yang biasa ditanggung negara tuan rumah. Dan para penggemar sepakbola di negara-negara yang selama ini tidak mungkin menjadi tuan rumah turnamen besar, sekarang bisa ikut terlibat.

Tetapi yang lain percaya itu akan menjadi mimpi buruk logistik, karena para penggemar dipaksa untuk terbang ke sana dan ke mari guna mengikuti tim mereka dalam turnamen yang akan kekurangan kohesi dan energi seperti jika diselenggarakan dalam satu negara.

Platini menggambarkan ide ini sebagai “petualangan besar”, dan beralasan bahwa selalu ada penerbangan murah ke seluruh benua Eropa dan bahwa semua kota yang dipilih memiliki bandara internasional utama.

“Kami tidak hanya memberikan suara berdasarkan pada stadion nasional mereka dan keindahan negara mereka, kita juga mempertimbangkan akomodasi dan sebagainya.”

Tawaran Wales kalah dengan hanya satu poin daripada Skotlandia pada tahap akhir pemungutan suara oleh komite eksekutif di bawah satu sistem peringkat kompleks yang dibuat oleh UEFA.

Tuan rumah Euro 2020:

Final dan semifinal Stadion Wembley, Inggris

Tiga pertandingan grup dan satu perempat final Baku, Azerbaijan; Munich, Jerman; Roma, Italia; St Petersburg, Rusia

Tiga pertandingan grup dan babak 16 Besar Dublin, Republik Irlandia; Glasgow, Skotlandia; Copenhagen, Denmark; Bucharest, Rumania; Amsterdam, Belanda; Bilbao, Spanyol; Budapest, Hungaria; Brussels, Belgia