Del Bosque: Piala Dunia dimulai sekarangTidak ada jaminan Spanyol sebagai juara bertahan akan lolos dengan mudah ke Piala Dunia 2014 di Brasil. Demikian diungkapkan pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque, yang juga diamini oleh kapten merangkap kiper Tim Matador, Iker Casillas.

Untuk bisa lolos ke Brasil dua tahun mendatang, Spanyol harus bisa memenangi babak kualifikasi Grup I Zona Eropa. Karena itulah Del Bosque mengatakan Piala Dunia 2014 dimulai sekarang atau dimulai pada babak kualifikasi grup I, dimana Spanyol akan memulai perjuangannya dengan melawan tuan rumah Georgia, Selasa (11/9) atau Rabu dinihari WIB nanti.

“Piala Dunia tidak dimulai pada 2014, tetapi sekarang, di sini melawan Georgia, di Tbilisi. Untuk mempertahankan gelar yang Spanyol raih di Johannesburg, kami pertama-tama perlu masuk putaran final,” kata Del Bosque.

“Para pemain tahu bahwa kami memulai fase kualifikasi yang sulit, yang dengannya kami tak boleh berpuas diri karena kesalahan kecil bisa menjadi masalah,” tambahnya.

Sementara Casillas mengatakan tidak ada jaminan timnya dapat kembali mempertahankan prestasinya di Piala Dunia, bahkan bisa tidak lolos ke Brasil. Karena itulah ia mengingatkan rekan-rekan setimnya untuk berkonsentrasi penuh menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2014, termasuk dalam laga melawan Georgia nanti.

“Bisa saja terjadi bahwa kami tidak dapat mencapai Piala Dunia dan akan juga menjadi aneh jika juara bertahan tidak di sana untuk mempertahankan titelnya. Karena itu untuk saat ini kami harus memusatkan pikiran menghadapi kualifikasi,” kata Casillas.

“Kami harus mendapatkan tiga poin. Di atas kertas kami seharusnya tidak mendapatkan masalah menghadapi Georgia nanti,” tambah Casillas.

Berikut adalah jadwal Kualifikasi PD 2014 Zona Eropa, Selasa (11/9):

Grup A
Serbia vs Wales
Belgia vs Krosia
Skotlandia vs Rep. of Macedonia

Grup B
Bulgaria vs Armenia
Italia vs Malta

Grup C
Swedia vs Kazakhstan
Austria vs Jerman

Grup D
Romania vs Andorra
Turki vs Estonia
Hungaria vs Belanda

Grup E
Siprus vs Islandia
Norwegia vs Slovenia
Swiss vs Albania

Grup F
Israel vs Rusia
Irlandia Utara vs Luksemburg
Portugal vs Azerbaijan

Grup G
Bosnia-Herzegovina vs Latvia
Slovakia vs Liechtenstein
Yunani vs Lithuania

Grup H
San Marino vs Montenegro
Polandia vs Moldova
Inggris bs Ukraina

Grup I
Georgia vs Spanyol
Prancis vs Belarus