Berita Bola  - Diskusi Soal Tanggal Piala Dunia 2022 Qatar Dimulai
FIFA akan segera memulai pembicaraan soal penentuan tanggal Piala Dunia 2022 di Qatar dengan para pejabat sepakbola negeri itu, Senin depan.

Konsultasi ini direncanakan sejak tahun lalu setelah Presiden FIFA Sepp Blatter menegaskan, turnamen sepakbola itu tidak dapat dilakukan di gurun yang terik pada musim panas.

FIFA mengatakan pada hari Senin kemarin, enam konfederasi benua ditambah serikat klub, liga dan pemain dari seluruh dunia akan duduk bersama di kantor pusat FIFA di Zurich pada 8 September. Pertemuan akan dipimpin oleh Presiden Konfederasi Sepakbola Asia Sheik Salman bin Ebrahim al Khalifa dari Bahrain.

Sesi kedua dijadwalkan November mendatang, kata FIFA.

Blatter telah menyarankan komite eksekutifnya untuk membuat keputusan paling lambat Maret 2015 mendatang.

Blatter dan Sekjen FIFA Jerome Valcke telah berulang kali mengatakan dalam wawancara bahwa Piala Dunia Qatar hanya bisa dimulai paling cepat November 2022.

Qatar dianugerahi hak menjadi tuan rumah pada Desember 2010. Panitia lokal menjanjikan turnamen yang umumnya diselenggarakan Juni-Juli itu akan dilakuka di dalam stadion berpendingin udara.

Namun FIFA berubah pendirian tahun lalu. Blatter mengatakan hal itu ‘tidak rasional” untuk bermain di musim panas ketika suhu di Qatar bisa naik di atas 40 derajat Celcius.

Para pejabat Qatar mengatakan mereka dapat saja mengubah rencana turnamen mereka jika masyarakat sepakbola internasional mencapai konsensus.

Liga-liga dan klub-klub Eropa adalah kritikus terbesar turnamen tersebut jika dimainkan di masa musim dingin mereka. Jika akhirnya jadi digeser ke musim dingin maka kompetisi klub papan atas akan menghadapi penghentian selama dua bulan, dan akan merasakan efek perubahan kalender selama tiga musim, yakni 2021-2024.

BAGIKAN