Dua Alasan Mengapa Transfer Marouane Fellaini Gagal
Nama Marouane Fellaini sempat dikait-kaitkan dengan kepindahan ke Napoli musim panas ini, namun ternyata hingga hari terakhir tiba, tidak terjadi apa-apa. Ada masalah apa yang menjadi penyebab kegagalan transfer?

Menurut agen FIFA Fabrizio Ferrari, setidaknya ada dua sebab utama yang menggagalkan kepindahan Fellaini ke Napoli.

Pertama, ia mengalami cedera. Kedua, Napoli gagal masuk Liga Champions, tersisih di babak playoff. Dengan begitu juga lebih sedikit uang yang bisa diperoleh sehingga mereka tidak berani melakukan transfer atas Fellaini.

Manager MU Louis van Gaal tidak menyia-nyiakan waktu dalam merombak skuadnya di Manchester United, membawa enam pemain baru selama musim panas, sementara juga “membuang” sejumlah pemain yang tidak tampil sesuai performa, termasuk Nani, Javier Hernandez, Shinji Kagawa, Wilfried Zaha dan Tom Cleverley.

Fellaini yang juga pemain internasional Belgia sempat disebut-sebut akan segera pindah ke klub raksasa Serie A dengan nilai sekitar 27,5 juta pound. Dengan kegagalan Rafael Benitez membawa Fellaini ke Stadio San Paolo, mantan pemain Everton itu akan tetap tinggal dan berjuang mendapat tempat utama di Old Trafford.

Agen Fabrizio Ferrari mengatakan:

“Apakah Fellaini dekat dengan Azzurri? Hanya ada sebuah telepon yang ramah, di mana dia (Benitez) mengatakan kepada saya betapa indahnya Napoli,” jelasnya.

“Lalu ada cedera pemain dan Napoli keluar dari Liga Champions, yang berarti negosiasi bahkan tidak pernah benar-benar dimulai.”

Pasukan Benitez tersingkir dari kompetisi klub elit Eropa pada tahap playoff, yang berarti mengurangi jumlah income Napoli di musim 2014/15. Itu berarti bahwa klub terpaksa mengubah taktik bursa transfer mereka, dan  memilih untuk menandatangani gelandang Belanda Jonathan de Guzman, yang jauh lebih murah.

Cedera pergelangan kaki Fellaini yang terjadi saat latihan juga membuatnya tidak lulus tes medis, dan pemain berusia 26 tahun itu diperkirakan akan absen selama setidaknya tiga minggu sebelum bisa turun beraksi kembali.

Setelah fit, gelandang itu akan mencoba untuk mendapatkan kembali tempatnya di tim utama Manchester United, namun dengan banyaknya pemain baru di posisi sama, Fellaini menghadapi tugas yang sulit untuk masuk skuad utama Van Gaal.

Kegagalan untuk masuk ke dalam tim pertama bisa mendorongnya bergerak menjauh ketika jendela transfer dibuka kembali lagi pada bulan Januari 2015.