Eks Manchester United Ini Kandidat Pelatih Timnas Skotlandia

Pelatih yang pernah dipecat Manchester United David Moyes jadi kandidat pelatih Timnas Skotlandia, gantikan Gordon Strachan yang baru saja dipecat usai gagal di kualifikasi Piala Dunia 2018.

David Moyes - Sunderland
David Moyes - Sunderland

Mantan manajer Everton itu bersama-sama direktur Asosiasi Sepakbola Skotlandia (SFA), Malky Mackay, dijagokan menjadi pengganti Strachan yang baru dipecat pada Kamis (12/10).

Tentu saja, kemungkinan ini disambut Moyes dengan gembira. Ia mengaku akan mempertimbangkan kursi panas di Hampden Park yang kosong jika dia diminta pihak SFA.

Pelatih berusia 54 tahun itu mengaku siap untuk kembali bekerja, setelah ia absen selama lima bulan sejak berhenti dari Sunderland yang terdegradasi ke Championship, Mei lalu.

Moyes sendiri sebelumnya telah mendapat sejumlah tawaran yang menguntungkan dari luar negeri, termasuk Amerika Serikat dan China.

Namun, Moyes mengaku, dengan senang hati ia akan menunggu pekerjaan yang tepat. Moyes juga sempat mengaku ingin memimpin tim sepakbola negaranya suatu hari nanti.

SFA putuskan untuk memecat Strachan, yang telah bertugas selama hampir lima tahun. Pemain 60 tahun itu harus pergi setelah Skotlandia hanya bermain imbang, 2-2, melawan Slovenia dan gagal membawa Skotlandia ke ajang Piala Dunia di Rusia tahun depan. Selain Strachan, SFA juga memecat asistennya, Mark McGhee.

Strachan sebelumnya salahkan kegagalan timnya di kualifikasi Piala Dunia ini pada faktor genetika Timnas Skotlandia yang buruk. “Saya katakan di hari pertama saya menjadi manajer Skotlandia, ini momen yang paling membanggakan dalam karir saya dan saya ingin membalas senyum bangsa ini,” tandas Strachan.

“Saya berbagi kekecewaan besar saat absen di babak play-off, terutama setelah bekerja sangat keras untuk berjuang kembali dalam pertarungan ini,” tambahnya.

“Para pemain harus mendapat pujian besar untuk ketahanan itu, kembali dari awal yang sulit, dan saya ingin ucapkan terima kasih kepada semua pemain yang sudah datang untuk mewakili tim nasional mereka ini,” tandas Strachan.

Sepakbola.cc