Empat Perbedaan EPL dan La Liga, Menurut Cesc Fabregas

117

Gelandang Chelsea Cesc Fabregas kini sudah membuktikan dirinya bisa bertahan di dua liga terbesar dunia, Premier League dan La Liga. Mana yang lebih berat? Mana yang lebih mudah digunakan untuk memperoleh ketenaran? Apa sih beda keduanya? Pertama-tama menurut Cesc, “Di Liga Inggris, lebih sulit untuk menang. Tapi (positifnya adalah) pada tingkat individu, jauh, jauh lebih […]

Internasional Liga Inggris Liga Spanyol  - Empat Perbedaan EPL dan La Liga, Menurut Cesc Fabregas
Gelandang Chelsea Cesc Fabregas kini sudah membuktikan dirinya bisa bertahan di dua liga terbesar dunia, Premier League dan La Liga. Mana yang lebih berat? Mana yang lebih mudah digunakan untuk memperoleh ketenaran? Apa sih beda keduanya?

Pertama-tama menurut Cesc, “Di Liga Inggris, lebih sulit untuk menang. Tapi (positifnya adalah) pada tingkat individu, jauh, jauh lebih mudah untuk menjadi terkenal di Inggris.”

“Saya selalu berpikir sepakbola Inggris adalah yang terbaik untuk ditonton karena ada lebih banyak gol, lebih banyak kesempatan, lebih banyak kegembiraan.”

Kedua, soal keseimbangan dan kualitas tim yang hampir merata di Inggris. Dan karakter cara bermain mereka.

“Tapi sekarang saya mengerti mengapa ada lebih banyak gol dan lebih banyak kesempatan. Liga Inggris itu jauh lebih gila, di luar kendali, semua orang pergi menyerang, pergi ke depan.”

Ketiga, soal ruang kosong dan kecepatan bermain.

Pemain internasional Spanyol dengan 86 caps itu tidak mengatakan bahwa Premier League mudah untuk ditangani daripada laga-laga La Liga, tapi ia mengatakan, pemain Spanyol umumnya lebih pintar secara teknis dan lebih cerdas mengendalikan bola daripada rekan-rekan mereka di Inggris.

“Ini pertanyaan soal ruang kosong,” katanya. “Seorang pesepakbola bergaya Spanyol, seperti David Silva atau Mesut Özil, jika mereka dapat punya dua detik untuk berpikir, akan ada terobosan atau umpan karena ada ruang kosong. Di Spanyol, mempersempit ruang gerak jauh lebih bermanfaat. Di Inggris, pergerakan terlalu cepat, tetapi Anda dapat menemukan ruang kosong jika Anda seorang pemain yang baik.”

Keempat, bermain di Liga Inggris yang lebih kompetitif daripada La Liga juga memberinya lebih banyak waktu untuk bermain sehingga mempercepat perkembangannya sebagai seorang pemain sepakbola.

Cesc pernah main untuk Arsenal (2003-2011), Barcelona (2011-2014), dan kini berlabuh di Stamford Bridge.