Empat Tahun Baru Ketahuan, Tujuh Pesepakbola Ini Berkelamin Laki-laki

Operasi ganti kelamin adalah sah di Iran sejak tahun 1979, ketika Ayatollah Ruhollah Khomeini mengeluarkan putusan agama yang mengatakan hal itu dapat diterima. Namun rupanya sebagian laki-laki Iran yang mengubah kelaminnya menjadi perempuan tidak tuntas menjalaninya, misalnya alpa melakukan terapi hormon. Akibatnya, secara ilmiah, mereka tetap dinyatakan sebagai laki-laki ketika dilakukan tes gender. Sebagian lainnya masih tetap laki-laki karena kelainan genetik.

Masalah itu muncul ke permukaan setelah terungkap bahwa empat pemain dalam tim nasional perempuan Iran sebenarnya berjenis kelamin laki-laki. Mereka adalah orang-orang yang tidak menyelesaikan operasi ganti kelamin secara tuntas, atau yang menderita gangguan perkembangan seksual.

Organisasi sepakbola Iran lalu mengumumkan akan melakukan pemeriksaan secara acak terhadap semua pemain klub sepakbola perempuan.

Pemeriksa medis akan melakukan pemeriksaan acak pada sesi pelatihan dan setiap pemain yang gagal ujian dan tidak dapat membuktikan bahwa mereka benar-benar perempuan akan dilarang berpartisipasi dalam kompetisi. Mereka boleh bergabung kembali dalam tim setelah menyelesaikan proses perubahan jenis kelamin secara lengkap.

“Jika orang-orang ini bisa menyelesaikan masalah mereka melalui operasi dan berada dalam posisi untuk menerima kualifikasi medis yang diperlukan, mereka kemudian akan dapat berpartisipasi dalam sepak bola [perempuan],” kata Ahmad Hashemian, kepala komite medis federasi sepakbola Iran, kepada IRNA , kantor berita negara.

Sepak bola adalah olahraga yang sangat populer di Iran, baik di kalangan laki-laki dan perempuan, meskipun perempuan tidak diizinkan menonton laga antara tim laki-laki.

Sejauh ini sudah ada tujuh pemain, termasuk empat orang di tim nasional tadi, yang di-PHK sejak federasi sepakbola Iran mengeluarkan keputusan itu.

Kekhawatiran tentang jenis seks pemain pertama muncul empat tahun lalu, ketika tim satu wanita mencurigai kiper tim lawan.

Advertisement