Euro 2012: Berapa duit yang sudah dikantongi tiap tim?

19

Euro 2012: Berapa duit yang sudah dikantongi tiap tim? Portugal dan Jerman yang sudah lolos ke semifinal Euro 2012 dipastikan sudah mengantongi duit sebesar 13 juta Euro masing-masing. Duit 13 juta Euro itu setara dengan Rp 154 milyar. Mereka yang masih bertarung di perempatfinal, yakni Prancis vs Spanyol, Inggris vs Italia, masing-masing baru memastikan 10 […]

Euro 2012: Berapa duit yang sudah dikantongi tiap tim?

Euro 2012: Berapa duit yang sudah dikantongi tiap tim? - berita Internasional Liga Champions Liga Inggris

Portugal dan Jerman yang sudah lolos ke semifinal Euro 2012 dipastikan sudah mengantongi duit sebesar 13 juta Euro masing-masing. Duit 13 juta Euro itu setara dengan Rp 154 milyar.

Mereka yang masih bertarung di perempatfinal, yakni Prancis vs Spanyol, Inggris vs Italia, masing-masing baru memastikan 10 juta Euro, atau setara Rp 118,5 milyar.

Jadi, ada tambahan 3 juta Euro buat tim yang berhasil lolos ke semifinal.

Jika lolos ke final dan menjadi juara maka ada tambahan 7,5 juta Euro atau Rp 88,88 milyar. Sehingga total jumlah uang yang dibawa pulang sang juara adalah Rp 242,88 milyar. Dipotong bonus untuk tiap pemain plus para pencetak gol, maka masih ada sisa uang cukup besar untuk pembinaan klub.

Lengkapnya adalah sebagai berikut. Mereka yang berpartisipasi di Euro 2012, menang atau kalah, akan mendapatkan 8 juta Euro, atau setara Rp 94,8 milyar. Sudah pasti jumlah segitu cukup untuk menutup ongkos pesawat dan akomodasi selama di sana.

Mereka yang lolos dari grup dan berlaga di perempatfinal akan mendapatkan ekstra 2 juta Euro, atau Rp 23,7 milyar.

Lolos ke semifinal? Dapat lagi 3 juta Euro atau setara Rp 35,5 milyar.

Total uang yang disiapkan untuk hajatan bola Eropa kali ini adalah 196 juta Euro, atau setara dengan Rp 2,32 trilyun. Sebagai perbandingan, anggaran pembangunan kompleks olahraga Bukit Hambalang di Sentul yang melibatkan pemimpin partai Demokrat dan seorang menteri itu adalah Rp 1,2 trilyun, atau kurang lebih setengah dari hadiah Euro 2012.

Anggaran 196 juta Euro itu lebih tinggi 12 juta Euro dibandingkan Euro tahun 2008.

Namun untuk pelatih Inggris Roy Hodgson, kemasyhuran lebih penting daripada sekedar hadiah uang. “Uang bukan yang paling dipikirin oleh para pemain. Saya juga gak tahu berapa jumlah hadiahnya. Jauh lebih penting jika kami bisa jadi juara. Sangat menyenangkan melihat medali tergantung di leher kami.”

Bonus untuk para pemain Inggris sendiri diperkirakan akan mencapai 4 juta poundsterling atau setara Rp 58,8 milyar. Itu kurang lebih seperempat dari total hadiah yang didapatkan The Three Lions, jika dan hanya jika berhasil juara.