Euro 2012: Fans Kroasia teriak monyet dan inilah hasilnya

24

Fans Kroasia teriak monyet dan inilah hasilnya! Seperti sudah diberitakan sebelumnya, fans Kroasia melemparkan pisang dan meneriakkan kata-kata dan suara-suara yang berasosiasi dengan monyet, saat laga vs Italia di Grup C. Teriakan itu ditujukan kepada penyerang Azzuri, Mario Balotelli, satu-satunya yang berkulit hitam di skuad itu. UEFA, badan organisasi bola Eropa, memutuskan untuk menjatuhkan denda […]

Fans Kroasia teriak monyet dan inilah hasilnya!

Internasional Liga Europa  - Euro 2012: Fans Kroasia teriak monyet dan inilah hasilnya

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, fans Kroasia melemparkan pisang dan meneriakkan kata-kata dan suara-suara yang berasosiasi dengan monyet, saat laga vs Italia di Grup C. Teriakan itu ditujukan kepada penyerang Azzuri, Mario Balotelli, satu-satunya yang berkulit hitam di skuad itu.

UEFA, badan organisasi bola Eropa, memutuskan untuk menjatuhkan denda kepada organisasi bola Kroasia sebesar 80.000 Euro (setara Rp 960 juta) atas tindakan rasialis yang diperlihatkan fans Kroasia tersebut. Ofisial pertandingan menyatakan, sekitar 300 sampai 500 fans Kroasia mengeluarkan teriakan-teriakan ala monyet sepanjang laga yang berakhir 1-1 di kota Poznan tersebut.

Ada juga laporan perihal lemparan pisang ke arah tempat duduk para pemain cadangan Italia pada laga yang berlangsung Kamis 14 Juni 2012 itu.

Hukuman denda sebesar itu juga mencakup penyalaan dan pelemparan kembang api ke arah para pemain Italia, kata sebuah laporan UEFA.

Denda itu merupakan termasuk yang terbesar yang pernah dijatuhkan UEFA terhadap insiden yang berkaitan dengan rasialisme. Di satu sisi ini memperlihatkan usaha serius organisasi bola Eropa itu terhadap kasus-kasus semacam ini.

Namun di sisi lain mereka dikritik karena denda yang dijatuhkan ternyata kalah besar dibandingkan denda terhadap pemain Denmark Nicklas Bendtner yang memamerkan iklan rumah judi secara tidak resmi di celana dalamnya saat merayakan gol keduanya vs Portugal. UEFA seperti lebih kuatir dengan persoalan iklan tidak resmi di ajang Euro ketimbang masalah rasialisme.

Bendtner didenda 100.000 Euro (Rp 1,2 milyar) untuk insiden memamerkan celana dalam berisi iklan tersebut.

Fans Kroasia memang terkenal rasialis. Empat tahun lalu denda juga prnah dijatuhkan saat insiden rasialis serupa terhadap pemain kulit hitam Inggris di laga kualifikasi Piala Dunia. Hal serupa juga mereka lakukan terhadap tim Turki.