Euro 2012: Siapa favorit juara?

  • Euro 2012 akan dimulai 8 Juni mendatang. Dari semua nama besar yang ikut berpartisipasi di ajang ini, siapakah yang paling difavoritkan? Kalau melihat dari data sejarah masa lalu maka negara yang paling sukses di ajang Euro Cup adalah Jerman dengan tiga gelar juara, menyusul kemudian Spanyol dan Perancis, masing-masing dua kali juara. Namun para rumah […]

Juara Liga Europa Sevilla sedang dikaitkan dengan kepindahan mantan pemain mereka Carlos Bacca, demikian menurut laporan Estadio Deportivo.

Euro 2012 akan dimulai 8 Juni mendatang. Dari semua nama besar yang ikut berpartisipasi di ajang ini, siapakah yang paling difavoritkan?

Kalau melihat dari data sejarah masa lalu maka negara yang paling sukses di ajang Euro Cup adalah Jerman dengan tiga gelar juara, menyusul kemudian Spanyol dan Perancis, masing-masing dua kali juara.

Namun para rumah taruhan memiliki calon mereka sendiri, yakni berturut-turut mulai dari yang paling dijagokan adalah Spanyol, Jerman, Belanda, Inggris, Perancis, Italia, Portugal, dan Rusia.

Perlu diingat bahwa Spanyol adalah pemegang dua gelar paling prestisius saat ini: Euro 2008 dan Piala Dunia 2010.

Namun, belum pernah ada negara yang bisa mempertahankan Euro Cup dua kali berturut-turut. Karena itu banyak yang menjagokan Jerman, mengingat penampilan impresif mereka di Piala Dunia 2010, dan fakta bahwa mereka memiliki daftar pemain terbaik kelas dunia saat ini.

Secara statistik, seperti sudah dibahas beberapa hari lalu, Spanyol bukan tim terbaik sepanjang sejarah karena memasukkan 38 gol, dan kebobolan 31 gol. Dan hanya 13 kemenangan. Jelas bukan tim terbaik secara statistik dalam konteks Euro.

Ada dua tim terbaik yang menduduki ranking teratas secara statistik sepanjang sejarah yakni Jerman dan Belanda.

Jerman, yakni gabungan Jerman Barat (1960-1988) dan tim Jerman setelah Jerman Timur ikut bergabung (sejak 1992) mencetak 55 gol memasukkan, 39 gol kebobolan. Selisih +16 gol. Masih kalah dibandingkan Belanda yang mengukir 55 vs 32 atau +23. Namun Jerman mencetak lebih banyak kemenangan, 19 berbanding 17 milik Belanda.

Tim berikutnya dalam daftar kesuksesan itu adalah Perancis dengan 14 kemenangan, dan gol 46 vs 34. Menyusul Spanyol, dan kemudian Portugal. Yang disebut terakhir ini mengukir 12 kemenangan, 34 vs 22 gol. Italia 11 kemenangan, 27 vs 18 gol. Inggris yang saat ini memiliki liga terbaik di dunia hanya terpuruk di urutan ke-9 tim terbaik di Eropa dengan hanya 7 kemenangan saja sepanjang sejarah Euro, dan perbandingan gol 31 vs 28.