Euro 2012: Tim paling goblok sepanjang masa

  • Inggris memang bukan tim terbaik yang pernah ada sepanjang sejarah gelaran Euro Cup. Namun beruntunglah karena The Three Lions bukanlah pula tim yang terburuk sepanjang sejarah. Siapakah tim paling goblok di Eropa untuk urusan sepakbola? Apakah itu Latvia, Polandia dan Ukraina selaku tuan rumah? Apakah itu Norwegia, Swiss, atau Turki? Negara-negara dengan catatan statistik terburuk […]

Internasional Liga Europa  - Euro 2012: Tim paling goblok sepanjang masa

Inggris memang bukan tim terbaik yang pernah ada sepanjang sejarah gelaran Euro Cup. Namun beruntunglah karena The Three Lions bukanlah pula tim yang terburuk sepanjang sejarah. Siapakah tim paling goblok di Eropa untuk urusan sepakbola? Apakah itu Latvia, Polandia dan Ukraina selaku tuan rumah? Apakah itu Norwegia, Swiss, atau Turki?

Negara-negara dengan catatan statistik terburuk soal jumlah kekalahan dan jumlah kebobolan terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan di Euro adalah berturut-turut: Rumania, Yugoslavia dan Denmark.

Rumania, sebuah negara eks komunis, berlaga 13 kali, kalah 8 kali. Statistik golnya 8 vs 17 atau -9.

Yugoslavia, sebuah negara di Eropa Timur yang kini sudah pecah menjadi beberapa negara kecil seperti Bosnia, Serbia, dan Kroasia, pada sepanjang masa Euro Cup mencatatkan 14 laga, dan 9 di antaranya berakhir dengan kekalahan. Secara gol, 22 memasukkan vs 39 kemasukan, alias -17 untuk perbandingan gol.

Denmark sebuah negara sukses dan kaya raya di Eropa Utara. Penduduknya tercatat sebagai satu dari sedikit masyarakat yang berbahagia. Dan itu pasti bukan soal prestasi sepakbolanya karena dari 24 kali laga, 12 di antaranya berakhir dengan kekalahan. Perbandingan golnya adalah 26 vs 38 atau -12.

Tentu saja ada negara-negara pariah dalam kompetisi sepakbola seperti Bulgaria, Hungaria, Polandia, Austria, Slovakia, dan Latvia yang menderita kekalahan lebih parah secara persentase dibandingkan negara-negara di atas. Namun keikutsertaan mereka di Euro baru satu atau dua kali, dibandingkan Yugoslavia dan Denmark yang sudah berkali-kali masuk dan berkali-kali pula pulang mengemas koper secara memalukan.