Euro 2016 Pusing Dengan 8 Negara Eropa Yang Berperang Ini

Badan sepakbola Eropa, UEFA, ketika mengatur undian untuk babak kualifikasi Euro 2016 ternyata dipusingkan oleh adanya negara-negara di wilayahnya yang ternyata masih berperang, setengah berperang, atau masih bermusuhan secara politik, sehingga enggan bertemu satu sama lain di lapangan hijau. Atau kalaupun berlaga, lapangan hijau bisa berubah menjadi lahan perkelahian massal jika tidak diantisipasi secara hati-hati. […]

Internasional Liga Spanyol Piala Eropa  - Euro 2016 Pusing Dengan 8 Negara Eropa Yang Berperang Ini
Badan sepakbola Eropa, UEFA, ketika mengatur undian untuk babak kualifikasi Euro 2016 ternyata dipusingkan oleh adanya negara-negara di wilayahnya yang ternyata masih berperang, setengah berperang, atau masih bermusuhan secara politik, sehingga enggan bertemu satu sama lain di lapangan hijau. Atau kalaupun berlaga, lapangan hijau bisa berubah menjadi lahan perkelahian massal jika tidak diantisipasi secara hati-hati.

Delapan negara itu adalah sebagai berikut:

Azerbaijan vs Armenia

Kedua negara bekas Uni Soviet di tepi Laut Kaspia ini secara teknis masih berperang karena sampai hari ini tidak pernah menyatakan gencatan senjata atau menyatakan penghentian permusuhan. Karena itu pertemuan keduanya sebisa mungkin dihindari oleh UEFA.

Perang keduanya dimulai tahun 1988 ketika pasukan Armenia masuk ke wilayah Nagorno-Karabakh di wilayah Azerbaijan, guna melindungi etnis Armenia yang akan mengadakan referendum pemisahan diri dari negara Azerbaijan. Perang berlangsung sampai dengan tahun 1994 dengan secara de facto wilayah sengketa itu masih dikuasai Armenia. Pemerintah Azerbaijan selalu mengancam, sewaktu-waktu akan mengadakan serangan militer ke wilayah yang dipersengketakan tersebut.

Internasional Liga Spanyol Piala Eropa  - Euro 2016 Pusing Dengan 8 Negara Eropa Yang Berperang Ini

 

Kecelakaan pernah terjadi ketika pengundian kualifikasi Euro 2008 tidak mengantisipasi hal ini sehingga keduanya tergabung dalam grup yang sama di Grup A. Masing-masing pihak menolak bertanding tandang di negara lawannya, namun ide soal lokasi netral tidak pernah tercapai. UEFA akhirnya turun tangan, membatalkan dua laga kandang dan tandang kedua negara dan memberi nilai nol untuk kedua pertandingan tersebut.

Akibatnya, Azerbaijan menduduki posisi terbawah Grup A dengan lima poin dari delapan pertandingan, sementara Armenia memiliki tujuh poin dari tujuh pertandingan. Polandia memimpin grup dengan 19 poin dari sembilan pertandingan. Serbia, Finlandia, Belgia dan Kazakhstan adalah anggota lain Grup A ini.

Rusia vs Ukraina

Kedua negara secara teknis tidak berperang karena tidak pernah ada pernyataan perang dari kedua belah pihak. Tapi seluruh dunia tahu bahwa gerakan milisi di bagian timur Ukraina disponsori oleh Rusia. Jatuhnya pesawat Malaysia Airline MH17 di udara Ukraine diduga kuat terkena tembakan rudal Buk yang hanya dioperasikan dan dimiliki oleh pihak Rusia atau kaki tangannya. Sebelum ini pada awal 2014 Vladimir Putin sudah mengambil alih semenanjung Krimea dari tangan Ukraine. Sehingga kemungkinan pertemuan keduanya juga dijajaki secara hati-hati, tapi UEFA secara resmi tidak memisahkan keduanya ke dalam dua grup berbeda. Pengundian secara kebetulan menempatkan Ukraina di Grup C dan Rusia di Grup G.

Internasional Liga Spanyol Piala Eropa  - Euro 2016 Pusing Dengan 8 Negara Eropa Yang Berperang Ini

Rusia vs Georgia

Keduanya pernah berperang tahun 2008 meski makan waktu singkat. Sejak dari bulan Agustus tahun 2008 itu UEFA memutuskan untuk memisahkan keduanya dalam penyisihan grup. Namun Rusia dan Georgia belakangan telah sepakat untuk bermain satu sama lain di kualifikasi Euro 2016, mengakhiri kebuntuan akibat perang singkat mereka di tahun 2008 itu.

‘”Saya sangat senang untuk mengatakan bahwa Rusia dan Georgia bisa bermain bersama-sama jika mereka berada dalam grup yang sama,'” kata Presiden UEFA Michel Platini, sebelum drawing Euro 2016 bulan Februari 2014 lalu.

“Saya tidak yakin bahwa sudah terjadi diskusi politik antara pemerintah mereka,” kata Platini. ”Kami hanya berhubungan dengan asosiasi sepakbolanya.”

Internasional Liga Spanyol Piala Eropa  - Euro 2016 Pusing Dengan 8 Negara Eropa Yang Berperang Ini

Spanyol vs Gibraltar

Spanyol tidak berperang dengan Gibraltar. Hanya saja negara ini jengkel dan merasakan Gibraltar seperti kerikil di dalam sepatu karena wilayah ini secara teknis terletak di dalam wilayah Spanyol, namun dimiliki oleh Inggris, dalam sebuah perjanjian sejak, entah kapan. Usaha-usaha Spanyol mengklaim wilayah berbatu-batu di ujung selatan wilayahnya ini sejauh ini masih gagal. Karena itu bisa dibayangkan wajah memerah Spanyol ketika akhirnya permohonan Gibraltar menjadi anggota UEFA dikabulkan tahun 2013 lalu. Sejak itu negeri matador itu sudah menyatakan penolakannya jika bertemu di babak penyisihan grup. UEFA mengatur agar keduanya tidak sampai bertemu satu sama lain terlalu awal.

Internasional Liga Spanyol Piala Eropa  - Euro 2016 Pusing Dengan 8 Negara Eropa Yang Berperang Ini

Israel

Konflik bersenjata antara Israel dan kelompok Hamas di Jalur Gaza telah menyebabkan satu laga kualifikasi Euro vs Belgia yang seharusnya berlangsung tanggal 9 September 2014 ditunda ke 31 Maret 2015.