Berita Bola - Belanda Berhasil Atasi Tembok Rapat Pertahanan Kazakhstan -

Pelatih Belanda Guus Hiddink menyalahkan gol awal Kazakhstan untuk masalah yang timnya hadapi sebelum tiga gol di setengah jam terakhir memastikan kemenangan pertama mereka di babak kualifikasi Euro 2016.

Belanda mendominasi penguasaan bola tapi secara mengejutkan tertinggal lebih dulu ketika sundulan Renat Abdulin, hasil dari sebuah sepak pojok menit ke-17 tidak memberi ampun kiper Jasper Cillessen. 0-1!

Kazakhstan membuat pertahanan rapat dan kokoh seperti dinding bata sepanjang laga yang berhasil membendung serangan demi serangan Belanda sampai di 30 menit akhir gol pemain pengganti Klaas-Jan Huntelaar, Ibrahim Afellay dan penalti Robin van Persie menciptakan kemenangan di Grup A.

“Kami tertinggal oleh satu-satunya sepak pojok mereka di laga ini,” keluh Hiddink. “Setelah gol pembuka mereka membariskan pertahanan seperti tembok.”

“Setelah itu terserah pada Anda, apakah akan menerobos masuk dengan permainan berkecepatan tinggi. Tapi itu tidak selalu bekerja dengan baik. Adalah penting untuk tidak panik. Jika Anda terus bermain seperti itu gol akan datang, cepat atau lambat.”

30 menit terakhir membuktikan kegeniusan Hiddink. Ia melakukan perubahan taktik yang berhasil membalik situasi pertandingan.

Tim tuan rumah memulai laga dengan formasi tradisional 4-3-3 setelah sistem 5-3-2 warisan mantan pelatih Belanda Louis van Gaal yang berhasil digunakan di Piala Dunia di Brasil tidak bekerja baik di kualifikasi Euro 2016 setelah kalah vs Republik Ceko dengan skor 2 -1.

Hiddink menambahkan striker lain dengan Huntelaar datang menggantikan gelandang bertahan Nigel de Jong di menit ke-55.

Kapten Schalke itu dipasangkan dengan kapten tim nasional Robin van Persie di lini depan dan ia membalas kepercayaan pelatih dengan satu sundulan hasil tendangan bebas enam menit setelah turun dari bangku cadangan. 1-1!

Beberapa saat kemudian Kazakhstan berlaga dengan 10 pemain setelah striker Baurzhan Dzholchiyev diusir keluar karena menjegal Afellay dari belakang. Afellay merayakan kembalinya ia ke tim nasional setelah jeda 23 bulan dengan membawa Belanda unggul 2-1 dengan hanya delapan menit tersisa.

Gelandang Olympiakos Piraeus itu telah terganggu oleh cedera selama dua musim terakhir yang membuatnya absen dari tim.

“Afellay memiliki periode yang sulit. Adalah baik melihatnya telah menemukan jalan kembali. Saya pikir dia bermain dengan semangat yang besar hari ini,” kata Hiddink.

Van Persie memastikan kemenangan dengan penalti di menit ke-89.

Hiddink hanya memiliki empat hari untuk menentukan apakah ia akan tetap berpegang pada formasi 4-3-3 saat kualifikasi Piala Eropa berikutnya melawan Islandia Selasa dinihari WIB.

BAGIKAN