Belanda vs Kazakhstan: Arjen Robben Kembali Turun

20

Belanda akan mendapatkan dorongan moral dengan kembalinya pemain sayap Arjen Robben saat mereka berusaha untuk menghindari kekalahan di laga kualifikasi Euro 2016 vs Kazakhstan. Pasukan Guus Hiddink menderita kekalahan mengejutkan 2-1 dari Republik Ceko di laga perdana Grup A di Praha bulan lalu menyusul gol injury time dari Vaclav Pilar. Semifinalis Piala Dunia 2014 itu difavoritkan akan bangkit kembali dari kekalahan […]

Piala Eropa  - Belanda vs Kazakhstan: Arjen Robben Kembali Turun

Belanda akan mendapatkan dorongan moral dengan kembalinya pemain sayap Arjen Robben saat mereka berusaha untuk menghindari kekalahan di laga kualifikasi Euro 2016 vs Kazakhstan.

Pasukan Guus Hiddink menderita kekalahan mengejutkan 2-1 dari Republik Ceko di laga perdana Grup A di Praha bulan lalu menyusul gol injury time dari Vaclav Pilar.

Semifinalis Piala Dunia 2014 itu difavoritkan akan bangkit kembali dari kekalahan laga perdana dan berbalik menang melawan Kazakhstan dalam pertama pertama di antara kedua negara di ajang internasional.

Belanda belum pernah kalah di kandang dalam kualifikasi Piala Eropa atau play-off dan Hiddink percaya mereka tidak boleh memikirkan prospek kekalahan itu saat bersiap ke laga Sabtu dinihari WIB di Amsterdam Arena.

“Ketika Anda pulang dari Piala Dunia yang hebat, sering terjadi bahwa sulit untuk memulai melanjutkan hidup kembali,” kata Hiddink.

“Tim utama tidak boleh kalah dua pertandingan berturut-turut dan Anda dapat menerapkan standar itu untuk Oranje.”

Hiddink masih menunggu kemenangan pertama untuk laga kedua timnasional yang menjadi tanggung jawabnya, tapi kembalinya pemain sayap Robben dapat menjadi dorongan kepercayaan diri yang signifikan bagi sang juara Eropa 1988 tersebut.

Pemain Bayern Munich itu absen di laga vs Republik Ceko dan saat kalah 2-0 di laga persahabatan vs Italia lima hari sebelumnya karena cedera pergelangan kaki, tetapi sudah kembali ke kebugaran penuh dan mencetak dua gol di saat juara Bundesliga itu mengandaskan Hannover 4-0 Sabtu lalu.

Namun, Hiddink turun bermain tanpa bek kanan Newcastle United Daryl Janmaat yang cedera otot paha, demikian juga Memphis Depay (pangkal paha), Ron Vlaar dan gelandang Rafael van der Vaart (keduanya betis) dan Jordy Clasie (otot paha).

Dirk Kuyt sudah menyatakan pensiun dari karir internasionalnya Jumat lalu, namun bek Virgil van Dijk bisa mencatatkan penampilan pertamanya untuk tim nasional.

Dengan Robben sudah kembali maka tuan rumah difavoritkan untuk mengklaim satu kemenangan yang meyakinkan, namun mereka tidak boleh meremehkan tim Kazakhstan yang telah tercatat hanya kalah sekali di bawah pelatih Yury Krasnozhan sejak perekrutan pelatih asal Rusia itu bulan Februari.

Kazakhstan bermain imbang tanpa gol dengan Latvia, yang peringkatnya berselisih 28 di atas mereka dalam ranking FIFA, dalam pertandingan pembukaan grup mereka, hasil yang menurut Krasnozhan mengecewakan bagi Kazakhstan.

“Para pemain tidak puas,” kata Krasnozhan setelah pertandingan. “Kami bermain imbang dengan tim yang sama ini tujuh bulan lalu. Mereka cukup senang dengan hasil itu (kala itu.”

“Sekarang kita bisa melihat harapan sudah berubah.”

Tapi, dengan kemenangan tandang terakhir mereka di kualifikasi Kejuaraan Eropa tercatat pada tahun 2007, tim tamu perlu untuk sedikit mengekang harapan mereka.