Italia Jadi Tim yang Paling Beringas di EURO 2016

  • Berita Bola – Italia secara mengejutkan jadi tim dengan pemain yang paling beringas di gelaran EURO 2016. Data yang mereka hasilkan juga tidak main-main hingga membuat banyak pihak geleng-gelengkan kepala.

 

Berita Bola – Italia secara mengejutkan jadi tim dengan pemain yang paling beringas di gelaran EURO 2016. Data yang mereka hasilkan juga tidak main-main hingga membuat banyak pihak geleng-gelengkan kepala.

Oke, gelaran Euro 2016 memang sudah kelar dengan Portugal finis sebagai juara. Meski begitu, ada statistik menarik yang tersaji di kejuaraan. Statistik paling greget dipegang oleh Italia.

Ya, kalau mencari pertandingan dengan jumlah pelanggaran terbanyak dalam waktu normal (tak termasuk extra time), maka itu ada di pertandingannya Italia. Tepatnya adalah Italia kontra Republik Irlandia pada matchday terakhir Grup E, yang dimenangi Irlandia 1-0. Tak tanggung-tanggung, ada 40 buah pelanggaran!

Dari total 40 pelanggaran itu, 21 dilakukan oleh pemain-pemain Italia, sedangkan 19 tercatat atas nama pemain-pemain Irlandia. Kubu Italia sendiri diganjar empat kartu kuning (Salvatore Sirigu, Simone Zaza, Andrea Barzagli, Lorenzo Insigne), sementara Irlandia dua (Shane Long, Stephen Ward).

Anehnya pertandingan itu sendiri sejatinya tidak begitu penting bagi Italia, karena mereka sudah pasti lolos ke fase knockout sebagai juara grup. Bagi Irlandia, kemenangan tersebut secara dramatis meloloskan mereka ke putaran selanjutnya sebagai salah satu peringkat tiga terbaik dari fase grup yang diikuti.

Irlandia lalu kalah oleh tuan rumah Prancis di babak 16 besar, sedangkan langkah Azzurri dihentikan juara dunia Jerman di perempat final. Jadi, semua pelanggaran yang mereka lakukan sejatinya memang tidak terlalu diperlukan.