Pemain Serbia Diteror Jelang Laga Nanti Malam

Masih ingat perkelahian tahun lalu antara pemain Serbia vs Albania, dan antara pemain melawan penonton? Kali ini giliran bus tim Serbia yang tandang ke ibukota Albania dilempari batu dan segala macam benda. Mungkin laga kualifikasi Euro 2016 mereka nanti malam akan berakhir dengan kerusuhan.

Berita Bola : Masih ingat perkelahian tahun lalu antara pemain Serbia vs Albania, dan antara pemain melawan penonton? Kali ini giliran bus tim Serbia yang tandang ke ibukota Albania dilempari batu dan segala macam benda. Mungkin laga kualifikasi Euro 2016 mereka nanti malam akan berakhir dengan kerusuhan.

Pertandingan tahun lalu antara kedua negara, yang kebetulan bertikai secara politik itu, dibatalkan setelah pemain dari kedua belah pihak saling berkelahi satu sama lain di Belgrade selama laga Grup I, ketika sebuah drone yang membawa bendera ‘Albania Raya’ diterbangkan di atas stadion.

Oleh UEFA Albania diberikan kemenangan 3-0 dan orang di belakang insiden pesawat tak berawak itu minggu ini ditangkap dengan tuduhan kepemilikan pistol dan 36 tiket pertandingan.

Dan ketegangan menjelang pertandingan Jumat dinihari WIB tetap tinggi setelah berbagai macam benda dilemparkan ke arah bus Serbia saat  mereka tiba di ibukota Tirana.

Kedua negara di semenanjung Balkan itu telah lama berselisih mengenai Kosovo, salah satu bekas provinsi Serbia yang berisi mayoritas etnik Albania, yang menyatakan kemerdekaannya pada tahun 2008 setelah hampir satu dekade usai perang dengan NATO untuk menghentikan pembantaian dan pengusiran warga sipil selama perang saudara usai pecahnya Yugoslavia.

Kementerian Luar Negeri Serbia mengatakan telah menyiapkan nota protes atas insiden itu, di mana hujan batu membanjiri bus saat melaju ke ibukota Albania, Tirana, dan menyebabkan retaknya jendela bus.

“Kepala nunduk, kepala nunduk,” kata sebuah suara di dalam bus. Tidak ada yang terluka, tapi Serbia mengatakan insiden tersebut menimbulkan keraguan atas keamanan untuk pertandingan pada Jumat dinihari WIB di kota Albania tengah, Elbasan.

Piala Eropa  - Pemain Serbia Diteror Jelang Laga Nanti Malam

Presiden federasi sepakbola Serbia Tomislav Karadzic mengkritik polisi Albania untuk rute perjalanan bus dari bandara ke hotel tim.

Dia mengatakan: “Beberapa batu dilemparkan dari kerumunan menuju bus pertama dengan satu batu yang cukup besar mendarat di sekitar baris kedua atau ketiga kursi, di mana pemain kami duduk.”

“Jika tingkat keamanan tetap tidak berubah, akan ada masalah. Tapi mereka (polisi Albania) telah menjamin bahwa ini tidak akan terjadi lagi. Kami sedang menunggu untuk melihat apa yang akan terjadi selanjutnya.”

Fans Serbia dilarang menghadiri pertandingan di kota Albania tengah, Elbasan, tersebut.

Tapi Albania telah meningkatkan keamanan dan 1.800 polisi telah ditetapkan untuk memastikan pertandingan ini bebas masalah.

Bek Chelsea Branislav Ivanovic mengaku: “Kami tahu bahwa ada ketegangan, bahwa semua mata tertuju pada permainan ini, bahwa beberapa orang ingin mengubahnya menjadi sesuatu yang tidak bersifat sepak bola.”

“Kami tahu kami menghadapi api panas, kami tidak mengharapkan tepuk tangan dari para fans Albania.”

 

Sepakbola.cc