Final Euro 2016 : Tangisan Cristiano Ronaldo Bikin Portugal Juara

  • Portugal akhirnya sukses menggondol Juara Piala Eropa Euro 2016. Rahasia sukses Portugal ? Salah satunya yakni karena tangisan kesal Ronaldo yang membuat semangat rekan-rekannya jadi membara. Ronaldo adalah kapten sekaligus “idola” segenap pemain Portugal yang  berlaga di pentas EURO 2016 di Prancis. Sebab sesuai dengan keterangan yang pernah diberikan pelatih Portugal Fernando Santos, Timnas yang […]

Portugal akhirnya sukses menggondol Juara Piala Eropa Euro 2016. Rahasia sukses Portugal ? Salah satunya yakni karena tangisan kesal Ronaldo yang membuat semangat rekan-rekannya jadi membara.

Ronaldo adalah kapten sekaligus “idola” segenap pemain Portugal yang  berlaga di pentas EURO 2016 di Prancis. Sebab sesuai dengan keterangan yang pernah diberikan pelatih Portugal Fernando Santos, Timnas yang diasuhnya terdiri dari kombinasi pemain senior yang kaya pengalaman dan pemain muda penuh talenta brilliant.

“Para pemain senior yang memperkuat Portugal adalah sahabat baik Cristiano Ronaldo. Sedangkan pemain muda bertalenta yang ikut memperkuat tim, semua pengagum Ronaldo. Karena itu dibawah kordinasi Kapten Ronaldo, tim ini amat kompak,” ujar Fernando Santos menjelang final.

Karena kenyataan itulah maka begitu Cristiano Ronaldo harus keluar lapangan menit 25, setelah ditabrak  keras oleh Dimitri Payet, kondisi mental para punggawa Portugal awalnya sempat terguncang. Pada saat itulah tuan rumah Prancis mampu mendominasi permainan, dan Portugal banyak  tertekan.

Namun beberapa waktu kemudian, mental Portugal justru mampu bangkit dengan memberikan perlawanan maksimal terhadap Prancis. Bangkitnya mental bertanding para punggawa Portugal di antaranya karena faktor “simpati” ke sang kapten Cristiano Ronaldo.

Faktor simpati ke Ronaldo ini ternyata menjadi pembakar semangat yang luar biasa bagi Seleccao das Quinas – julukan Timnas Portugal. Mereka bersimpati ke Ronaldo dan ingin mempersembahkan trofi Juara EURO 2016 untuk Cristiano Ronaldo dan segenap rakyat Portugal.

Semangat para pemain Portugal ini tambah menggebu-nggebu, setelah sang kapten Ronaldo yang berada di pinggir lapangan, ikut memberikan komando dan semangat juang ke Timnas Portugal. Iya Cristiano Ronaldo setelah harus keluar lapangan akibat cidera ditabrak Payet, memang tidak lantas duduk manis di bangku cadangan. Melainkan megabintang Real Madrid tersebut ikut memberikan dukungan penuh ke para pemain Portugal, dengan berdiri memberi komando, di sebelah pelatih  Fernando Santos.

Keajaiban pun terjadi, Portugal yang sebelumya berada di bawah tekanan Prancis, begitu semangatnya berkobar akibat tersulut simpati ke Ronaldo, akhirnya mampu mengalahkan Prancis di partai final. Pada menit ke-109 babak perpanjangan waktu, pemain pengganti Eder mampu menjebol gawang Prancis yang dikawal Hugo Lloris. Meski hanya dengan angka tipis 1-0 cukup bagi Portugal mengkandaskan perlawanan Prancis dan merengkuh gelar Juara EURO 2016.