EURO 2016: Grup B, Siapa Finish Teratas dan Terbawah?

28

Tidak ada keraguan bahwa Grup B EURO 2016 akan memberikan sajian yang cukup menarik khususnya bagi fans Inggris, karena menghadirkan persaingan sengit antara Inggris dan Wales

Tidak ada keraguan bahwa Grup B EURO 2016 akan memberikan sajian yang cukup menarik khususnya bagi fans Inggris, karena menghadirkan persaingan sengit antara Inggris dan Wales, sama-sama tim Britania Raya yang harus diadu satu sama lain. Lalu jangan lupakan pula Rusia dan Slovakia yang memiliki kualitas yang cukup baik untuk menghadirkan persaingan alot untuk memperoleh tiket ke fase knock out dari grup B.

Memilih tim mana yang paling mungkin untuk menyelesaikan babak ini di urutan teratas bukanlah tugas yang mudah, meskipun Inggris tampaknya dalam pandangan umum lebih difavoritkan. The Three Lions telah menunjukkan banyak perkembangan. Bahkan mereka datang ke Euro 2016 sebagai satu-satunya tim yang meraih poin maksimal di babak kualifikasi.

Dengan pulihnya Rooney, Wilshere, dan Henderson dari cedera dan ketajaman duo penyerang Harry Kane dan Jamie Vardy yang sama-sama mencetak gol diuji coba terakhir mereka, The Three Lions sangat mungkin mampu menyelesaikan babak ini dengan menduduki posisi puncak grup B meski untuk mewujudkannya tidak bisa dikatakan mudah.

Tim asuhan Roy Hodgson harus menghadapi persaingan yang ketat dengan Rusia yang memiliki materi pemain berkualitas di segala lini. Bahkan dalam beberapa turnamen besar mereka sering menunjukkan performa dan hasil yang cukup mengesankan. Meski mereka akan tampil di Euro 2016 tanpa bintang-bintang mereka seperti Alan Dzagoev, Yuri Zhirkov, dan Oleg Kuzmin, mereka tetap memiliki kekuatan yang cukup mumpuni untuk menyulitkan Inggris peraih posisi puncak di grup B. Potensi mereka melangkah jauh di Perancis cukup terbuka.

Dapat dikatakan bahwa grup ini bermaterikan tim-tim dengan materi yang cukup berimbang dengan adanya Slovakia dan Wales yang tampaknya juga memiliki kesempatan yang sama finish di urutan teratas ataupun terbawah. Meskipun kedua tim lebih diperkirakan akan berlomba-lomba untuk memperebutkan tempat ketiga di klasemen yang tidak menjamin tempat di tahap berikutnya .

Repre telah terbukti sangat sulit untuk dikalahkan mengingat mereka merupakan tim pekerja keras dan memiliki beberapa pemain top seperti Marek Hamsik dan Juraj Kucka dan mereka tampaknya berada dalam posisi yang lebih baik daripada Wales.

The Dragons lolos dari babak kualifikasi dengan cukup mengesankan. Tetapi mereka terlalu bergantung pada Gareth Bale dan tidak memiliki striker haus gol. Mereka punya peluang untuk unjuk gigi di babak ini, tapi tetap kemungkinan besar mereka akan finish di urutan terbawah.