EURO 2016: Grup C, Siapa Finish Teratas dan Terbawah

15

Grup C Euro 2016 bermaterikan pemenang Piala Dunia 2014, Jerman, yang secara umum difavoritkan untuk merajai grup ini, bahkan juga favorit juara Euro 2016.

Grup C Euro 2016 bermaterikan pemenang Piala Dunia 2014, Jerman, yang secara umum difavoritkan untuk merajai grup ini, bahkan juga favorit juara Euro 2016. Akan tetapi mereka tidak akan memiliki pekerjaan yang mudah karena di grup ini Jerman harus menghadapi lawan-lawan yang tidak bisa tetbilang mudah,  yaitu Polandia, Ukraina, dan tim kejutan Irlandia Utara.

Die Mannschaft memang telah mengalami beberapa masalah pasca menjadi juara di Piala Dunia 2014 dengan pensiunnya beberapa pemain senior seperti kapten Pihlip Lahm dan striker Miroslav Klose. Selain itu Der Panser juga tanpa henti mengalami kendala cedera pemain-pemain penting mereka, seperti Ilkay Gundogan, Sami Khedira dan Bastian Schweinsteiger, yang cukup menggangu stabilitas permainan Jerman.

Meski demikian, dengan pengalaman dan kualitas di segala lini, Jerman telah menunjukkan bahwa mereka sangat jarang tampil mengecewakan di kompetisi besar. Jerman pun tetap menjadi unggulan di grup ini. Bahkan berbagai bandar taruhan menempatkan Jerman sebagai unggulan utama, meskipun mereka tergelincir pun tetap ada.

Setelah dikalahkan pasukan Joachim Low di kualifikasi Euro 2016, Polandia akan mencari peluang untuk menantang Die Mannschaft untuk memperebutkan tempat teratas dalam grup C. White Eagles memiliki kualitas yang cukup untuk dapat melangkah jauh jauh di Perancis.

Skuad Polandia dihuni oleh beberapa beken macam Robert Lewandowski, Lukas Piszczek, dan Grzegorz Krychowiak. Dengan skuad mumpuni yang dimiliki, besar peluang Polandia untuk menjadi penantang terkuat Jerman dan lolos ke fase gugur.

Ukraina bukan tanpa peluang. Mereka tampil cukup baik di babak kualifikasi dan cukup merepotkan tim besar macam Spanyol dan Slovakia. Peluang Zbirna untuk sukses di Euro 2016 akan sangat bergantung pada tri bintang mereka, yaitu Yevhen Konplyanka, Andriy Yarmolenko, dan Roman Zozulya.

Sekarang adalah tim yang paling diprediksi akan mengakhiri Euro 2016 dengan posisi buncit di Grup C, Irlandia Utara. Mereka mungkin telah membuat kejutan dengan berhasil lolos ke Euro 2016. Akan tapi semua orang bisa melihat bahwa mereka tidak memiliki kualitas yang diperlukan untuk dapat bermain dan melangkah jauh di level ini.