Final Euro 2016 : Gol Eder Setelah “Bisikan” Ronaldo

111

Timnas Portugal akhirnya meraih gelar Juara Piala Eropa Euro 2016, setelah mengalahkan tuan rumah Prancis dengan angka tipis 1-0. Gol bersejarah ini diciptakan oleh Eder, pemain pengganti di Timnas Portugal. Uniknya, Eder mencetak gol bersejarah itu setelah mendengar “bisikan” Cristiano Ronaldo. Gol yang diciptakan oleh Eder di babak final  memang Cuma satu, namun itu sudah […]

Timnas Portugal akhirnya meraih gelar Juara Piala Eropa Euro 2016, setelah mengalahkan tuan rumah Prancis dengan angka tipis 1-0. Gol bersejarah ini diciptakan oleh Eder, pemain pengganti di Timnas Portugal. Uniknya, Eder mencetak gol bersejarah itu setelah mendengar “bisikan” Cristiano Ronaldo.

Gol yang diciptakan oleh Eder di babak final  memang Cuma satu, namun itu sudah cukup bagi Timnas Portugal untuk membungkam Prancis dan berebut gelar Juara EURO. Eder yang masuk sebagai pemain pengganti, mencetak gol di babak perpanjangan waktu atau tepatnya menit 109. Tendangan keras Eder dari luar kotak pinalti, gagal diantisipasi kiper Prancis Hugo Lloris.

Pasca kemenangan Portugal atas Prancis di final, penggemar bola di berbagai penjuru dunia banyak yang mendiskusikan kehebatan gol Eder. Gol itu hasil tendangan Eder di luar kotak pinalti, berarti cukup jauh dari gawang Prancis. Namun karena tendangan dilakukan demikian keras, kiper Hugo Lloris yang selama ini jadi penjaga gawang jempolan di klub Tottenham Hotspur gagal mengantisipasi laju bola.

Mengapa Eder yang nama panjangnya adalah Ederzito Antonio Macedo Lopes itu sukses menendang bola demikian keras dari luar kotak pinalti dan mengantarkan Portugal juara EURO ? Tidak ada yang tahu, mengapa tiba-tiba Eder yang biasanya hanya jadi pemain cadangan, mendadak jadi pahlawan setelah menceploskan gol untuk mengantarkan Portugal juara.

Namun bisa jadi salah satu penyebabnya adalah “bisikan” Cristiano Ronaldo. Saat Eder mau masuk lapangan hijau menjadi pemain pengganti, Ronaldo yang telah keluar lapangan menit ke-25 akibat cidera, ikut berdiri memberikan instruksi di samping pelatih Portugal Fernando Santos. Ketika Eder di pinggir lapangan menanti penggantian, Ronaldo sempat “membisikkan” kata-kata tertentu kepada Eder.

Tampaknya bisikan Ronaldo ini membuat semangat Eder jadi berlipat ganda. Dia bertekad, meski hanya jadi pemain cadangan, namun Eder yang jadi striker di klub Lille itu  ingin menjadi pahlawan bagi kemenangan negaranya. Akhirnya tekad itu terwujud, Eder sukses menendang  bola dari jauh dan berhasil membobol gawang Prancis, kedudukan 1-0 untuk kemenangan Portugal.

Apa sebetulnya kata-kata yang dibisikkan Ronaldo ke Eder ? Hingga kini baik Eder maupun Ronaldo belum membocorkan kata-kata yang membuat semangat Eder jadi bergelora tersebut. Bagi Eder dan Ronaldo, yang penting Portugal juara EURO dan semua pendukung jadi bahagia.