Ini Dia Negara Yang Sudah Pasti Lolos Ke Prancis

Enam negara sudah pasti lolos, plus tuan rumah Prancis. Dan 12 lainnya menunggu dua laga terakhir. Seluruh tempat yang tersedia adalah 23. Ini dia nama-nama mereka …

Berita Bola : Enam negara sudah pasti lolos ke putaran final Euro 2016, plus tuan rumah Prancis. Dan 12 lainnya menunggu dua laga terakhir. Seluruh tempat yang tersedia adalah 23. Ini dia nama-nama mereka …

Tidak ada malam yang lebih dramatis daripada Jumat dinihari WIB dengan laga-laga kualifikasi Grup D dan F memainkan pertandingan kedua terakhir mereka.

Republik Irlandia menang atas juara dunia Jerman dan memberi mereka kesempatan besar untuk lolos, sementara Irlandia Utara membukukan satu tempat di Prancis dengan kemenangan 3-1 atas Yunani.

Namun yang paling patah hati adalah Skotlandia, setelah gol di detik-detik terakhir pertandingan oleh Robert Lewandowski mengutuk mereka untuk kembali tersingkir dari turnamen besar berikutnya.

Tapi negara-negara mana saja yang sebenarnya sudah pasti lolos?

Berapa banyak tim akan memastikan lolos sebelum play-off pada bulan November?
Euro 2016 akan terdiri dari 24 tim: tuan rumah Prancis, ditambah 23 tim lainnya. Para pemenang dan runner-up masing-masing dari sembilan grup kualifikasi lolos otomatis. Demikian juga satu tim urutan ketiga yang memperoleh nilai tertinggi (minus pertandingan terhadap tim urutan terbawah). Setelah itu, delapan tim yang tersisa di urutan ketiga akan masuk ke babak play-off, di mana empat finalis akan ditetapkan.

Siapa yang sudah pasti lolos?
Republik Ceko, Inggris, Austria, Irlandia Utara, Portugal dan yang ujug-ujug dan tak disangka-sangka: Islandia.

Yang kemungkinan akan lolos?
Wales, Belgia, Spanyol, Slovakia, Jerman, Polandia, Swiss, Rumania, Rusia, Italia, Norwegia dan Denmark, karena mereka kini menempati dua tempat teratas dalam grup mereka masing-masing. Mungkin juga Irlandia akan lolos. Dengan 18 poin, ia menjadi tim “terbaik” urutan ketiga, namun memainkan game lebih banyak dari Ukraina, yang memiliki 16 poin.

Hal ini akan menyebabkan Israel, Turki, Irlandia/Ukraina (salah satu), Slovenia, Hungaria, Swedia, Kroasia dan Albania harus memperebutkan tempat di babak play-off.

Namun Israel, Ukraina, Irlandia, Slovenia, Hungaria, Swedia, Albania, serta Montenegro dan Estonia – dua yang terakhir menempati posisi keempat di grup masing-masing – secara matematis masih bisa finish di urutan dua besar.

Belanda dan Bosnia-Herzegovina juga belum pasti benar bisa mencapai play-off dengan finish di posisi tiga. Tergantung penampilan mereka di dua laga terakhir.

Irlandia Utara memastikan diri lolos ke sebuah turnamen besar setelah Piala Dunia 1986, sementara Wales terakhir kali melakukannya pada tahun 1958.

Siapa tim paling mengecewakan?
Belanda, yang meskipun berhasil mencapai semifinal Piala Dunia lebih dari setahun yang lalu, perlu untuk mengambil tiga poin lebih banyak daripada Turki di dua putaran terakhir untuk bisa finish di posisi tiga di Grup A. Belanda akan melawan Kazakhstan dan Republik Ceko, sementara Turki menghadapi Ceko dan Islandia.

Yunani, juara tahun 2004, dan Serbia, sudah pasti tersisih.

Kapan negara-negara kelahiran sepak bola akan bermain?
Inggris, yang mengesankan sejauh ini dengan memenangkan masing-masing delapan laga kualifikasi mereka, akan menjadi tuan rumah bagi Estonia di Wembley pada hari Sabtu dinihari WIB sebelum melakukan perjalanan ke Lithuania, Senin.

Irlandia akan mengunjungi Polandia pada hari Minggu, mengetahui bahwa sebuah kemenangan akan memberi mereka kualifikasi otomatis.

Skotlandia tandang ke Gibraltar untuk laga terakhir kualifikasi mereka pada hari Minggu, tapi sudah memastikan diri tersingkir.

Wales mengunjungi Bosnia Herzegovina pada hari Minggu WIB, dan kemudian menjamu Andorra di Stadion Cardiff City, Rabu WIB.

Irlandia Utara menghadapi Finlandia di Helsinki pada hari Minggu, dengan sudah memastikan diri lolos ke Prancis.

Setelah penyisihan grup usai, kapan play-off?
Leg pertama antara 12-14 November dan leg kedua antara 15-17 November. Jika hasil pertandingan setelah leg kedua tetap imbang maka tim pemenang akan diputuskan oleh gol tandang dan kemudian adu penalti. Undian siapa ketemu siapa di babak play-off akan dilangsungkan 18 Oktober, di Nyon, Swiss.

Kapan undian untuk putaran final berlangsung?
Perwakilan dari 24 tim yang lolos akan datang ke Paris pada 12 Desember ketika pengundian resmi untuk Euro 2016 berlangsung.

Akan ada empat pot pengundian: di pot pertama akan ada juara Eropa Spanyol, ditambah empat tim lainnya. Pot 2, 3 dan 4 masing-masing akan memiliki enam tim; host Perancis tidak akan dimasukkan dalam pot karena mereka secara otomatis ditetapkan unggulan dari Grup A putaran final.

Setelah semua selesai, kapan turnamen yang sebenarnya akhirnya dimulai?
Euro 2016 dimulai pada tanggal 10 Juni dan akan berakhir pada 10 Juli. Prancis menyediakan 10 stadion sebagai tuan rumah pertandingan, yakni di Lens, Lille, Paris, Saint-Denis, Bordeaux, Marseille, Lyon, Saint-Etienne, dan Toulouse serta Nice.

 

Sepakbola.cc