Hiddink Mundur Jika Belanda Kalah Lawan Latvia

  • Penampilan Timnas Belanda cukup mengkhawatirkan usai Piala Dunia 2014. Tim peringkat ketiga di Piala Dunia Brasil itu mencatat hasil buruk di babak kualifikasi Piala Eropa 2016.

Piala Eropa  - Hiddink Mundur Jika Belanda Kalah Lawan Latvia

Penampilan Timnas Belanda cukup mengkhawatirkan usai Piala Dunia 2014. Tim peringkat ketiga di Piala Dunia Brasil itu mencatat hasil buruk di babak kualifikasi Piala Eropa 2016.

Tim itu sudah dua kali kalah dalam tiga laga yang dijalaninya dan kini berada di posisi ketiga klasemen Grup B dengan nilai 3, di bawah Islandia (9) dan Republik Ceko (9). Di laga terakhir bulan lalu, mereka ditekuk Islandia 0-2. Sebuah hasil yang buruk di bawah asuhan pelatih Guus Hiddink.

Tak ada pilihan lain bagi Tim Oranje selain harus menang pada pertandingan melawan Latvia pada Minggu (16/11) mendatang. Hiddink bersumpah akan mundur jika Belanda kalah ataupun memetik hasil imbang di laga itu nanti.

“Bila kami kalah dari Latvia, maka saya akan mengambil langkah logis,” kata Hiddink. “Saya belum mendiskusikan hal ini dengan pemain, tapi bahkan hasil seri akan sulit diterima.”

Hiddink, 67 tahun, bertugas di tim Belanda untuk kedua kalinya. Ia menggantikan Louis van Gaal yang berhasil membawa Belanda merebut posisi ketiga di Piala Dunia 2014.