Berita Bola Piala Eropa - Jerman Maju Jadi Tuan Rumah Euro 2024

Gilabola.com – Jerman melalui asosiasi sepak bolanya, DFB, akan mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah di gelaran Euro 2024.

Jerman sendiri sudah mengemuka ketertarikan mereka sejak Januari lalu dan rencananya akan ada 10 stadion yang dijadikan tempat pelaksanaan di seputaran negara Bavaria tersebut.

Agar rencana tersebut bisa terlaksana, DFB wajib memasukan proposal penawaran dengan tenggat waktu pada Jumat (03/03) waktu setempat.

Presiden DFB Reinhard Grindel yakin pihaknya bisa menjadi tuan rumah yang baik, dengan harga yang lebih miring dibandingkan negara-negara lainnya yang juga berminat.

“Sangat penting bagi saya untuk memberitahu UEFA secara pribadi bahwa kami berada di belakang aplikasi ini dengan ketekunan dan kesatuan,” tuturnya, seperti dikutip dari FourFourTwo.

“Kami sadar bahwa ini sebuah tantangan yang besar bagi turnamen sekelas itu. Tapi kami yakin untuk mengatakan bahwa kami bisa menjadi tuan rumah kelas satu dan turnamen yang tidak terlau mahal karena segudang pengalaman dan infrastruktur yang kami miliki; dan kerangka kerja yang sudah kami miliki.

Keinginan Jerman ini akan bersaing dengan Turki yang sudah mengajukan penawaran pada bulan lalu dan juga negara-negara Skandinavia yang diyakini akan turut dalam persaingan.

Di turnamen terakhir, Perancis menjadi tuan rumah, yang untuk pertama kalinya dimenangkan oleh Portugal di final usai bersua tuan rumah.

Di gelaran 2016 Perancis, UEFA memasukkan 24 negara di putaran final dan terakhir kali Jerman menjadi tuan rumah terjadi pada 1988 yang masih diisi oleh delapan negara, yaitu tuan rumah dengan memakai nama Jerman Barat, Inggris, Denmark, Belanda, Republik Irlandia, Uni Soviet, Spanyol dan Italia.

Sementara itu untuk gelaran 2020, sudah ada nama Turki; penawaran bersama dari Republik Irlandia, Skotlandia dan Wales; dan penawaran bersama dari Georgia dan Azerbaijan.

Akan tetapi pada Desember 2012 UEFA mengumumkan bahwa Euro 2020 akan dilakukan di beberapa kota seantero Benua Biru tersebut.