Del Bosque Ungkap Alasan Coret Juan Mata

  • Berita Bola — Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque, sudah mengumumkan 25 pemain yang masuk dalam skuad sementara Spanyol ke Piala Eropa 2016. Tidak ada nama gelandang Manchester United, Juan Mata, dalam skuad tersebut.

Berita Bola — Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque, sudah mengumumkan 25 pemain yang masuk dalam skuad sementara Spanyol ke Piala Eropa 2016. Tidak ada nama gelandang Manchester United, Juan Mata, dalam skuad tersebut.

Pencoretan nama Juan Mata menjadi hal menarik yang disorot oleh media Spanyol. Spekulasi yang muncul menyebutkan keputusan Del Bosque mencoret gelandang serang itu merupakan efek buruknya kinerja United di bawah asuhan Louis van Gaal musim ini. Padahal kalau dilihat Mata tampil memikat bersama MU di musim ini.

Dalam keterangannya kepada pers, pelatih timnas Spanyol Vicente del Bosque mengatakan bahwa tidak masuknya Juan Mata adalah sebuah pilihan yang sulit. Ia lantas mengucapkan permintaan maafnya kepada Mata.

“Saya minta maaf kepada Juan Mata untuk hal ini, tapi mau bagaimana lagi. Anda harus meninggalkan beberapa nama dan berpikir tentang siapa yang anda percaya dan paling berguna,” ungkap Del Bosque.

Mantan pelatih Real Madrid ini juga menyebut bahwa keputusan mencoret juan Mata sudah final. Ia mengaku tidak memiliki keraguan dengan apa yang sudah menjadi pilihannya. “Ketika anda sedang dalam keragu-raguan, anda harus berpikir praktis,” tegasnya.

Selain Juan Mata, nama tenar lainnya yang juga tidak masuk skuad adalah bomber Atletico Madrid, Fernando Torres, dan penyerang Chelsea, Diego Costa. Pencoretan Costa boleh jadi karena performanya yang menurun seiring meredupnya performa Chelsea sebagai juara bertahan Premier League.

Keputusan yang juga diperbincangkan ialah ketiadaan Fernando Torres dalam daftar tersebut. Padahal striker yang dikenal dengan nama El Nino itu tampil mengesankan dalam laga-laga terakhir musim 2015-2016 dan berjasa besar membantu Atletico Madrid ke final Liga Champions.

Sementara itu dari 25 nama yang masuk skuad sementara itu, nantinya akan disusutkan menjadi 23 nama yang menjadi skuad resmi Spanyol yang akan didaftarkan ke Piala Eropa 2016. Penutupan pendaftaran skuad resmi setiap negara peserta adalah pada 31 Mei 2016 mendatang.

Daftar Skuad Spanyol ke Piala Eropa 2016 :

Kiper: Iker Casillas (FC Porto), David de Gea (Man United), Sergio Rico (Sevilla)

Bek: Sergio Ramos, Dani Carvajal (Real Madrid), Gerard Pique, Jordi Alba, Marc Bartra (FC Barcelona), Cesar Azpilicueta (Chelsea)

Gelandang: Mikel San Jose (Bilbao), Bruno Soriano (Villarreal), Sergio Busquets, Andres Iniesta (Barcelona), Juanfran, Koke, Saul Niguez (Atletico Madrid), Isco (Real Madrid), David Silva (Man City), Pedro Rodriguez (Chelsea), Cesc Fabregas (Chelsea), Thiago Alcantara (Bayern Muenchen)

Penyerang: Aritz Aduriz (Bilbao), Nolito (Celta), Alvaro Morata (Juventus), Lucas Vazquez (Real Madrid)