Prancis Dituduh Pakai Doping Saat Semifinal Euro 2016

102

Kabar mengejutkan datang pasca gelaran Piala Eropa Euro 2016, Timnas Prancis dituduh curang dengan menggunakan doping saat laga semifinal Euro 2016 melawan Jerman. Saat itu Prancis menang 2-0 atas Jerman di Stade de Velodrome di Marseille dan berhak melanjutkan ke babak final untuk menantang Portugal yang berakhir dengan kekalahan tragis melalui gol Eder di masa […]

Kabar mengejutkan datang pasca gelaran Piala Eropa Euro 2016, Timnas Prancis dituduh curang dengan menggunakan doping saat laga semifinal Euro 2016 melawan Jerman.

Piala Eropa  - Prancis Dituduh Pakai Doping Saat Semifinal Euro 2016

Saat itu Prancis menang 2-0 atas Jerman di Stade de Velodrome di Marseille dan berhak melanjutkan ke babak final untuk menantang Portugal yang berakhir dengan kekalahan tragis melalui gol Eder di masa extra time.

Media Jerman Bild mempublikasikan sebuah foto yang diduga diambil di ruang ganti Timnas Prancis yang menunjukkan bungkusan kosong stimulan bernama Guronsan.

Meski tablet ini tidak termasuk dalam daftar obat terlarang oleh World Anti-Doping Agency, namun pakar doping Fritz Sorgel mengatakan kepada media bahwa stimulan tersebut dapat memberikan keuntungan bagi tim tuan rumah pada saat laga tersebut.

“Menurut peraturan Anti Doping dari WADA, segala upaya untuk mendapatkan keuntungan saat kompetisi selain melalui kemampuan tubuh sendiri bisa disebut sebagai doping,” kata Fritz.

“Guronsan bagi saya itu termasuk doping. Performa dapat ditingkatkan dalam olahraga melalui Caffeine. Itu sudah terbukti. Stimulan tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat, yang berarti kecepatan dalam respon dan tindakan.”