Del Bosque Akui Skuad Spanyol Tak Sempurna

  • Berita Bola — Pilihan pemain Timnas Spanyol untuk dibawa ke Euro 2016 mendapatkan kritikan dari sejumlah pihak. Pelatih timnas Spanyol Vicente Del Bosque mengakui bahwa skuad yang dibentuknya kali ini memang tidak sempurna.

Berita Bola — Pilihan pemain Timnas Spanyol untuk dibawa ke Euro 2016 mendapatkan kritikan dari sejumlah pihak. Pelatih timnas Spanyol Vicente Del Bosque mengakui bahwa skuad yang dibentuknya kali ini memang tidak sempurna.

Seperti diketahui Del Bosque tidak memanggil Fernando Torres, Juan Mata dan bek Hector Bellerin dalam skuadnya. Bahkan ketiga itu pun tidak masuk dalam daftar cadangan. Padahal kebanyakan pengamat sepakbola Spanyol menilai ketiga pemain layak masuk tim.

Yang  mengejutkan lagi, Del Bosque justru memanggil 12 pemain yang sama sekali baru, dalam arti tidak dibawa pada Piala Dunia 2014 lalu di Brasil. Di antara muka baru yang dia panggil adalah striker veteran Aritz Aduriz, dan tiga pendatang baru seperti Saul Niguez, Lucas Vazquez, Mikel San Jose.

Tak ingin memperpanjang polemik di media, Del Bosque pun angkat bicara. Dia mengaku skuad pilihannya memang tidak sempurna tapi ia memilih yang terbaik.

“Skuad ini memang tidak sempurna. Kami yakin ada pemain lain yang pantas berada di sini karena musim mereka yang bagus. Tapi saya harus meninggalkan mereka dan jelas bahwa saya tidak pilih kasih,” kata Del Bosque.

“Saya sepenuhnya yakin bahwa skuad yang kami miliki adalah yang terbaik. Sekarang kita hanya butuh mempersiapkan dengan cara yang terbaik,” tambahnya.

Meskipun menyandang status juara bertahan, Del Bosque justru tidak mengusung target tinggi di Euro 2016. La Roja tidak ingin muluk-muluk karena dalam skuadnya banyak dihuni pemain baru. “Kami tidak memiliki kewajiban untuk menjadi juara, tapi kita bermimpi bahwa kita bisa,” katanya.

Pada Piala Eropa yang berlangsung di Prancis pada 10 Juni-10 Juli mendatang, Spanyol tergabung dalam Grup D. La Roja akan bersaing dengan Kroasia, Republik Ceko dan Turki untuk menjadi dua tim terbaik yang akan lolos ke babak selanjutnya.