Video Perkelahian Pemain di Laga Serbia vs Albania

Beginilah jika sepakbola dicampuri politik. Adegan yang cukup mengerikan terjadi di Belgrade, ibukota Serbia, Selasa WIB, ketika para pemain dan penggemar terlibat perkelahian massa dan laga kualifikasi Euro 2016 antara Serbia vs Albania harus dibatalkan. Penyebab utamanya kemungkinan besar adalah setelah sebuah pesawat remote kecil tak berawak (drone) diterbangkan di atas lapangan dengan membawa bendera Albania (yang digambarkan […]

Video Perkelahian Pemain di Laga Serbia vs Albania

Beginilah jika sepakbola dicampuri politik.

Adegan yang cukup mengerikan terjadi di Belgrade, ibukota Serbia, Selasa WIB, ketika para pemain dan penggemar terlibat perkelahian massa dan laga kualifikasi Euro 2016 antara Serbia vs Albania harus dibatalkan.

Penyebab utamanya kemungkinan besar adalah setelah sebuah pesawat remote kecil tak berawak (drone) diterbangkan di atas lapangan dengan membawa bendera Albania (yang digambarkan di atas peta Kosovo yang masih merupakan pertikaian kedua pihak).

Drone itu beserta benderanya ditarik jatuh oleh pemain Serbia Stefan Mitrovic sesaat sebelum turun minum.

Tindakannya itu kemudian memicu kekacauan. Anak-anak Albania mencoba untuk mengambil paksa bendera dari rekan-rekan Serbia mereka dan perkelahian massal kemudian pecah di lapangan.

Hal itu memaksa wasit Inggris Martin Atkinson yang memimpin para pemain untuk menghentikan laga.

Perkelahian massal juga mulai pecah di antara kedua penggemar di tribun. Semua kerusuhan dipicu oleh kebijakan tuan rumah yang melarang fans Albania menghadiri pertandingan antara kedua tim.

Kedua negara sebenarnya sudah sering berbenturan, terutama gara-gara provinsi Kosovo di wilayah Serbia yang didominasi etnik Albania, yang mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 2008.

Hampir satu jam setelah pertandingan dihentikan karena insiden mengejutkan itu, UEFA kemudian merilis pernyataan yang mengatakan pertandingan telah ditinggalkan “karena gangguan di lapangan” dan permainan secara resmi dibatalkan dengan skor masih 0-0.

Albania akan menjadi tuan rumah atas Serbia di pertandingan kembali di Grup I pada 15 Oktober 2015. Diperkirakan waktu satu tahun cukup untuk menenangkan diri di antara kedua rival.

Sepakbola.cc