Fatma Samoura, Kebanggaan Bagi Konfederasi Sepak Bola Afrika

5

Konfederasi Sepak Bola Afrika mengaku tidak menyangka meski tidak kaget jika Fatma Samoura ditujuk sebagai sekretaris jenderal FIFA yang baru.

Konfederasi Sepak Bola Afrika mengaku tidak menyangka meski tidak kaget jika Fatma Samoura ditujuk sebagai sekretaris jenderal FIFA yang baru.

Samoura ditunjuk sebagai orang Afrika pertama yang memegang jabatan sebagai sekretaris jenderal FIFA, setelah Markus Kattner dipecat karena kasus bonus misterius.

Wanita asal Senegal ini sudah memegang jabatan sebagai sekretaris jenderal 10 hari yang lalu dan akan mulai bekerja pada bulan depan.

“Dia kini menjadi sekretaris jenderal FIFA, organisasi dunia, bukan Afrika,” ujar Hicham El Amrani seperti dikutip dari BBC Sport.

Menurut El Amrani, Samoura akan bisa membantu banyak dalam perkembangan sepak bola sebab dirinya sudah sering bekerja di negara-negara Afrika seperti Kamerun, Chad, Djibouti, Guinea, Madagaskar dan Nigeria bersama Persatuan Bangsa Bangsa (PBB).

“Itu kelebihan dia, yaitu benua dari mana ia berasal. Fatma Samoura sudah bekerja di seluruh benua Afrika dalam pengalamannya bekerja dengan PBB, jadi saya yakin jika pemahamannya atas Afrika merupakan sebuah keniscayaan.”

Menurut sekretaris jendeal CAF ini, FIFA dan PBB telah bertindak tepat dengan mengangkat Samoura.

“Bagi kami, hal ini bukan sebuah kejutan. Kami sangat senang dengan penunjukannya.”

“Bahkan jika orang-orang bicara bahwa Samoura tidak memiliki dasar yang kuat dalam sepak bola, presiden dan dewan FIFA tidak bisa bertindak sembrono dalam menunjuk seseorang. Jadi kami sangat percaya jika ia bisa bekerja dengan baik,” lanjut El Amrani.

“Satu hal yang bisa katakan adalah kami akan mendukung Samoura sebisa kami dan berharap yang terbaik untuk dirinya pada tugas yang sangat penting ini.”