Final Copa del Rey 2012: Duel tim pecundang?

14

Beberapa orang mencibir final Copa del Rey antara Atheltic Bilbao vs Barcelona, Sabtu (26/5/2012) dinihari WIB sebagai final tim pecundang. Bisa dipahami karena mereka yang tampil malam nanti sama-sama menderita kekalahan di turnamen sebelumnya. Bilbao menyerah 3-0 kepada Atletico Madrid fi babak final Liga Eropa, sedangkan Barcelona tersingkir di babak semifinal Liga Champions setelah keok […]

Beberapa orang mencibir final Copa del Rey antara Atheltic Bilbao vs Barcelona, Sabtu (26/5/2012) dinihari WIB sebagai final tim pecundang. Bisa dipahami karena mereka yang tampil malam nanti sama-sama menderita kekalahan di turnamen sebelumnya.

Bilbao menyerah 3-0 kepada Atletico Madrid fi babak final Liga Eropa, sedangkan Barcelona tersingkir di babak semifinal Liga Champions setelah keok melawan Chelsea. Barca juga kalah bersaing dengan Real Madrid di kompetisi lokal Liga Spanyol.

Namun justru kegetiran itu menjadi pemicu keduanya untuk menang. “Kami tidak ingin diingat sebagai tim kalah karena gagal di tiga final,” kata penyerang Bilbao, Gaizka Toquero. Tim asal Bosque ini sudah lelah dengan kegagalan yang mereka alami. Mereka ingin memberikan kemenangan ini untuk pelatih Marcelo Bielsa agar kontraknya yang habis Juni 2012 bisa diperpanjang lagi.

Sementara itu, bagi Barcelona kemenangan akan menjadi kado perpisahan paling berharga bagi pelatih Pep Guardiola. Selama empat tahun menukangi Barca, Guardiola sudah menyumbangkan 13 trofi. Dan Copa del Rey diharapkan menjadi trofi ke-14-nya.

Satu hal lagi. Pemain Barca ingin kemenangan ini menjadi kado terindah untuk rekan mereka Eric Abidal yang sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit setelah menjalani transpalasi hati. Gelar juara menjadi penyambutan paling berharga untuk bek asal Perancis itu.