Final Copa del Rey 2012: Pertemuan ketujuh Barca vs Bilbao

12

Pertandingan final Copa del Rey antara Barcelona vs Atheltic Bilbao Sabtu (26/5/2012) dinihari WIB adalah pertemuan ketujuh kedua tim di ajang yang sama. Pada laga sebelumnya, Barcelona menang empat kali sedangkan Bilbao hanya unggul dua kali. Siapa jawara musim ini? Mereka bertemu di final kali pertama pada tahun 1920. Saat itu Barca menang 2-0 melalui […]

Pertandingan final Copa del Rey antara Barcelona vs Atheltic Bilbao Sabtu (26/5/2012) dinihari WIB adalah pertemuan ketujuh kedua tim di ajang yang sama. Pada laga sebelumnya, Barcelona menang empat kali sedangkan Bilbao hanya unggul dua kali. Siapa jawara musim ini?

Mereka bertemu di final kali pertama pada tahun 1920. Saat itu Barca menang 2-0 melalui gol Vicente Martinez dan Paulino Alcantara. Final berikutnya terjadi tahun 1932. Giliran Bilbao yang menang 1-0 melalui gol Agustin Sauto Arana.

Tahun 1942, kedua tim kembali bersua. Kala itu namanya menjadi Copa del Generallismo. Barca membuthkan perpanjangan waktu untuk menang 4-3 melalui gol Martin. Partai ini nyaris menjadi milik Bilbao karena hingga 10 menit terakhir, kedudukan masih 3-1 untuk Bilbao.

Kedua tim kembali berhadapan di final tahun 1953. Barca menang 2-1. Salah satu legenda Barca Laszlo Kubala turut menyumbang satu gol. Setelah final tersebut, butuh waktu 31 tahun untuk kembali saling berhadapan, yaitu tahun 1984. Final yang digelar di Santiago Bernabeu itu dimenangi Bilabo 1-0. Dengan hasil ini, Bilbao menang 2 kali dan Barca 3 kali. Tahun 2009, keduanya kembali bentrok. Kali ini Barca yang diasuh Pep Guardiola berhasil membungkam Bilbao dengan skor telak 4-1.

Kini mereka akan kembali berhadapan. Bilbao memiliki motivasi tinggi untuk menang. Demikian pula Barcelona. Mereka ingin trofi Copa del Rey menjadi kado indah untuk perpisahan dengan pelatih mereka, Pep Guardiola.