Franck Ribery Dihukum Jika Tolak Panggilan Negara

21

Franck Ribery sebenarnya sudah mengumumkan, dirinya pensiun dari tugas-tugas tim nasional Prancis. Pengumuman ini dia buat sekitar 2 minggu lalu. Tapi rupanya salah prosedur. Seharusnya dia minta izin pelatih timnas dulu sebelum mengumumkan kabar pensiunnya. Sebab keputusan seseorang pensiun dari timnas atau tidak, itu bukan kewenangan pemain yang bersangkutan, tapi pelatih timnas. Presiden UEFA Michel […]

Internasional Liga Jerman Piala Eropa  - Franck Ribery Dihukum Jika Tolak Panggilan Negara
Franck Ribery sebenarnya sudah mengumumkan, dirinya pensiun dari tugas-tugas tim nasional Prancis.

Pengumuman ini dia buat sekitar 2 minggu lalu. Tapi rupanya salah prosedur. Seharusnya dia minta izin pelatih timnas dulu sebelum mengumumkan kabar pensiunnya. Sebab keputusan seseorang pensiun dari timnas atau tidak, itu bukan kewenangan pemain yang bersangkutan, tapi pelatih timnas.

Presiden UEFA Michel Platini mengatakan Franck Ribery bisa saja dijatuhi hukuman jika ia menolak panggilan untuk bermain bagi Prancis.

Ribery mengumumkan pensiun internasional setelah 81 caps, setelah absen di Piala Dunia di Brasil karena cedera punggung.

Namun Prancis ternyata masih ingin membawa pemain sayap Bayern Munich itu kembali ke dalam tim nasional, menurut sang pelatih Didier Deschamps.

Presiden Federasi Sepakbola Prancis Noel Le Graet juga mengatakan kepada surat kabar Perancis Le Parisien bahwa Ribery tidak akan punya pilihan lain kecuali bermain untuk Perancis jika dia terpilih masuk dalam skuad untuk laga-laga sang tuan rumah Euro 2016 .

Jika Ribery menolak maka ia bisa menerima hukuman tidak boleh turun membeli sang juara Bundesliga, kata Platini, mantan pemain internasional Prancis.

“Saya tidak mengerti sama sekali,” kata Platini kepada koran Jerman, Bild. “Soal mereka bisa datang ke tim nasional, itu bukan keputusan sang pemain. Ini adalah keputusan pelatih.”

“Ribery tidak bisa begitu saja memutuskan apakah dia bermain untuk Prancis atau tidak. Jika pelatih Didier Deschamps mengundang dia, dia harus datang ke tim nasional.”

“Ini dirumuskan dalam statuta FIFA. Jika dia tidak datang, ia akan diskors tiga pertandingan dengan Bayern Munich.”

“Saya tidak mengerti dia pula. Dia orang Prancis, dan Euro 2016 akan berlangsung di Prancis.”