Franz Beckenbauer Sindir Kemenangan Cristiano Ronaldo

  • Rupanya banyak pihak yang sakit hati dengan terpilihnya Cristiano Ronaldo sebagai peraih FIFA Ballon d’Or 2014. Salah satu yang tak bisa menerima hasil itu adalah legenda Jerman, Franz Beckenbauer.

Internasional Liga Jerman Liga Spanyol  - Franz Beckenbauer Sindir Kemenangan Cristiano Ronaldo

Rupanya banyak pihak yang sakit hati dengan terpilihnya Cristiano Ronaldo sebagai peraih FIFA Ballon d’Or 2014. Salah satu yang tak bisa menerima hasil itu adalah legenda Jerman, Franz Beckenbauer.

Mantan kapten Jerman pada era 1970-an ini menilai Ronaldo tidak layak mendapatkan gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA 2014 karena tidak menunjukkan prestasi kelas dunia. Dia juga mengecam terpilihnya Ronaldo karena pengaruh ketenaran dan pesona si pemain.

Ia menyebut contoh pemilihan Ballon d’Or tahun 2013. Kala itu Ronaldo yang terpilih. Dia mengalahkan bintang Bayern Muenchen Franck Ribery yang pada periode tersebut memenangkan banyak gelar bersama Bayern. Sedangkan pada saat yang sama, Ronaldo tak meraih gelar juara di Madrid, kecuali tercatat sebagai pencetak gol terbanyak.

“Pada tahun 2013, Ronaldo tidak memenangkan apapun, dan Franck Ribery memenangkan segalanya. Namun kemudian Ronaldo mengalahkannya. Sepertinya, kesuksesan di dunia sepakbola tidak dihitung di dalam even ini. Ini semua hanya tentang pesona pribadi anda,” kritik Beckenbauer seperti dilansir Sky Deutschland.

Kecaman Beckenbauer  muncul setelah jagoannya asal Jerman, Manuel Neuer, kalah dalam perebutan suara dengan Ronaldo dan Lionel Messi. Kiper Bayern itu hanya berada di posisi ke tiga, di bawah Messi dan Cristiano Ronaldo dalam voting Ballon d’Or di Zurich pada 12 Januari 2015.