Gagal ke Piala Dunia Rusia, Pelatih Skotlandia Mundur

  • Timnas Skotlandia kehilangan pelatihnya Gordon Strachan yang mundur setelah tim itu gagal melaju ke babak berikutnya Piala Dunia 2018.

Gordon Strachan putuskan untuk tinggalkan posisinya sebagai manajer Timnas Skotlandia melalui ‘kesepakatan bersama’, empat hari setelah tim tersebut gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Keputusan tersebut – yang diambil bersama-sama dengan dewan pengurus Asosiasi Sepakbola Skotlandia, membuat pelatih berusia 60 tahun itu harus tinggalkan pekerjaan yang diembannya sejak Januari 2013 itu.

Selain Strachan, asistennya Mark McGhee juga harus tinggalkan posnya sebagai tangan kanan Strachan. “Atas nama dewan, saya ingin ucapkan terima kasih kepada Gordon atas pelayanannya yang sangat baik kepada tim nasional,” ujar kepala eksekutif FA Skotlandia, Stewart Regan, seperti dilansir BBC Sports.

Saat datang pada Januari 2013, Strachan gantikan pelatih sebelumnya Craig Levein. Awalnya, Strachan bertugas untuk awasi akhir kampanye kualifikasi Piala Dunia 2014.

Di ajang Euro 2016, Skotlandia memulai kompetisi itu dengan menyenangkan. Namun, Skotlandia akhirnya gagal mencapai final di Prancis.

Strachan dan dewan SFA sepakat bahwa dia akan tetap memimpin Skotlandia di kualifikasi Piala Dunia 2018. Namun, hasil imbang 2-2 di Slovenia akhir pekan lalu, akhiri harapan Skotlandia untuk finis di posisi kedua Grup F dan mencapai babak play-off.

“Saya sudah katakan pada hari pertama saya sebagai manajer Skotlandia, ini adalah momen paling membanggakan dalam karir saya. Saya juga ingin membalas senyum bangsa ini,” kata Strachan.

“Saya berbagi kekecewaan besar saat absen di babak play-off, terutama setelah bekerja sangat keras untuk berjuang kembali ke dalam pertengkaran,” tandasnya.