Gareth Bale Berusaha Kembalikan Popularitas Sepakbola di Negerinya

Negeri asal Gareth Bale, Wales, sudah tidak pernah lolos ke turnamen besar apa pun sejak tahun 1958. Akibatnya popularitas sepakbola menurun drastis dan dalam beberapa tahun terakhir sudah kalah terkenal dibandingkan rugby. Untuk itu laga Wales vs Bosnia-Herzegovina di ajang kualifikasi Euro 2016 pada Sabtu dinihari WIB nanti memainkan peran penting. Sebuah kemenangan, kata Gareth […]

Internasional Liga Spanyol  - Gareth Bale Berusaha Kembalikan Popularitas Sepakbola di Negerinya

Negeri asal Gareth Bale, Wales, sudah tidak pernah lolos ke turnamen besar apa pun sejak tahun 1958. Akibatnya popularitas sepakbola menurun drastis dan dalam beberapa tahun terakhir sudah kalah terkenal dibandingkan rugby.

Untuk itu laga Wales vs Bosnia-Herzegovina di ajang kualifikasi Euro 2016 pada Sabtu dinihari WIB nanti memainkan peran penting.

Sebuah kemenangan, kata Gareth Bale, akan membantu menaikkan popularitas sepakbola menyalip rugby di kawasan Wales.

Bintang Real Madrid itu akan memimpin negaranya pada bentrokan penting dengan finalis Piala Dunia di Stadion Cardiff City pada Jumat, selagi mereka berusaha lolos ke turnamen besar pertama sejak 1958.

Bale, yang baru saja dianugerahi pesepakbola Wales terbaik tahun ini untuk keempat kalinya berurutan, mengatakan bahwa jika pasukan Chris Coleman bisa menang maka akan meminggirkan olahraga nasional rugby. Wales dalam 10 tahun terakhir sudah memenangkan tiga Grand Slam rugby.

“Kami memiliki potensi besar dan saya ingin membuat sejarah dengan Wales, lolos ke turnamen besar,” kata Bale.

“Saya merasa sepakbola bisa menyalip rugby segera. Saya ingat ketika masih muda Stadion Millenium selalu penuh setiap kali saya pergi untuk menonton.”

“Rugby telah jelas menyusul dalam beberapa tahun terakhir tapi saya merasa kita bisa mendapatkan banyak penggemar baru sepakbola dan mendapatkan dukungan di belakang kami.”

“Ini bukan hanya penting bagi kita sebagai sebuah tim untuk lolos ke suatu kejuaraan besar, tetapi sebagai bangsa secara keseluruhan.”

“Kami ingin menginspirasi lebih banyak anak-anak untuk bermain sepak bola dan menjadi tim nasional yang lebih baik.”

Bale, 25, mencetak dua gol dalam kemenangan Wales 2-1 atas Andorra saat memulai kualifikasi mereka, dan Wales sangat mengandalkan pemain bernilai 85 juta pound itu, terutama karena pemain Arsenal Aaron Ramsey absen.

Optimisme skuad Chris Coleman sangat tinggi. Mereka telah naik ke ranking 29 dalam peringkat dunia FIFA – setelah hanya mengalami satu kekalahan dalam enam pertandingan. Ranking 29 dunia itu hanya selisih dua saja dengan rekor ranking tertinggi mereka selama ini, yang dicapai 20 tahun yang lalu.

Wales bersama dengan Irlandia Utara, Skotlandia, dan Inggris sendiri memegang hak khusus selaku negara-negara tempat lahirnya sepakbola. Mereka sudah mengadakan turnamen internasional sejak sebelum berdirinya FIFA. Hingga hari ini untuk turnamen Piala Dunia dan Euro mereka mewakili Kerajaan Inggris Raya selaku empat tim terpisah, bukan hanya satu sebagaimana untuk Olimpiade. 

Sepakbola.cc