Gareth Southgate Tak Ragu Turunkan Pemain Muda

Gareth Southgate mengaku ‘tak akan ragu’ turunkan tiga pemain muda dalam laga persahabatan antara Timnas Inggris dan Brasil, Rabu (15/11) dinihari WIB.

Gareth Southgate
Gareth Southgate

Tiga pemain muda yang akan jadi pilihan Gareth Southgate dalam laga nanti, adalah Dominic Solanke, Lewis Cook dan Angus Gunn.

Tiga pemain U-21 ini dipanggil ke tim senior dan akan memulai debutnya setelah lima pemain sebelumnya telah memulai penampilan perdana mereka dalam laga melawan Timnas Jerman.

“Mereka (ketiga) pemain itu telah dinyatakan fit di luar lapangan, dan itu akan membantu mereka fit juga untuk bertanding di lapangan,” ujar Southgate.

“Mereka para pemain yang bagus, dalam latihan mereka juga perlihatkan penampilan bagusnya,” tambahnya.

Southgate juga pastikan, gelandang Tottenham Hotspur Eric Dier akan tetap menjadi kapten dalam pertandingan melawan Brasil dinihari nanti, setelah sebelumnya Dier juga kenakan ban kapten di laga melawan Jerman.

Sementara itu, Southgate akan tunjuk kiper veteran West Ham United, Joe Hart, untuk tampil sebagai starter dalam laga ini menggantikan kiper Everton, Jordan Pickford.

Baik Pickford maupun gelandang Crystal Palace, Ruben Loftus-Cheek dan striker Swansea City, Tammy Abraham, semuanya telah diberi kesempatan memulai debut mereka pada akhir pekan lalu. Sementara bek Liverpool, Joe Gomez dan gelandang Burnley, Jack Cork, bermain dari bangku cadangan untuk tim nasional pertama kalinya.

Pada hari yang sama striker Liverpool Solanke, gelandang Bournemouth Cook dan stopper Norwich City, Angus Gunn, bermain untuk Timnas Inggris U21 saat mereka menang 2-0 atas Ukraina.

“Angus telah bekerja dengan pemain berusia di bawah 21 tahun bersama kami (tim pembinaan Southgate) dan dia bermain di liga,” kata Southgate.

“Dua pemain lainnya, kapten pemenang Piala Dunia U-20 (Cook) dan pemenang Golden Boot di Piala Dunia U-20 (Solanke). Mereka memiliki silsilah yang bagus dan kami tidak akan ragu masukkan mereka ke lapangan,” tandasnya.

Southgate pun ditanya tentang pemilihan pemain yang akan dilakukan jelang Piala Dunia di Rusia pada musim panas mendatang. “Saya berpikiran terbuka. Saya punya daftarnya, dan jika saya harus memilih skuad besok, saya tahu siapa pemain itu. Tapi, itu bisa berubah dalam enam bulan ke depan, karena performa dan kemungkinan adanya pemain yang baru muncul,” jawab Southgate.

“Kami melihat para pemain sangat dekat dengan klub mereka dan punya rencana suksesi untuk tentukan pilihan kedua, ketiga dan keempat, yang terus diperbarui,” tandasnya.

Sepakbola.cc