Gareth Southgate: Tim Inggris Kali Ini Bikin Bangga!

Manajer Inggris Gareth Southgate mengaku tim mudanya sudah tampil membanggakan di laga persahabatan kontra Timnas Brasil yang sarat pengalaman.

Neymar - Joe Gomez di Laga Inggris vs Brasil
Neymar - Joe Gomez di Laga Inggris vs Brasil

Dalam laga persahabatan, Rabu (15/11) dinihari tadi, Inggris berhasil menahan imbang Brasil, 0-0, di Stadion Wembley. Southgate pun akui tim mudanya sudah tunjukkan penghargaan yang besar, saat mereka dipercaya hadapi Neymar dan kawan-kawan.

Southgate lakukan lima perubahan pada tim yang semula juga berhasil menahan imbang Jerman, 0-0, pekan lalu. Southgate memberi kesempatan pada bek Liverpool, Joe Gomez, untuk memulai debutnya secara penuh dan perkenalkan Dominic Solanke sebagai pemain pengganti di cap pertamanya. “Ini memberi saya banyak pemikiran,” ujar Southgate kepada BBC Radio 5 live.

“Kami berada pada tahap awal untuk mempertajam tim ini, dan ini benar-benar membesarkan hati saya,” tambahnya.

“Kami mengambil beberapa keputusan berani dan, ya ampun, para pemain muda telah memberi penghargaan kepada saya dengan banyak penampilan terbaik mereka,” tandas Southgate.

Kualitas dan permainan Timnas Brasil, tentu saja, dirasakan lebih besar dibandingkan skuad Southgate. Beratnya lawan tanding kali ini pula yang membuat Inggris habiskan sebagian besar permainan dengan cara defensif.

Ini memberi Joe Gomez kesempatan untuk tunjukkan kualitas permainannya dan tampil luar biasa, sebagai salah satu dari tiga bek yang dikerahkan Southgate. Sementara kiper Joe Hart, lakukan penyelamatan penting di babak kedua saat Brasil mengancam lewat aksi Philippe Coutinho dan Paulinho.

Inggris memang kesulitan ciptakan peluang di laga ini. Namun, striker Liverpool Dominic Solanke hampir mencetak gol dan jadikan laga ini sebagai debut impiannya di detik-detik terakhir pertandingan. Sayangnya, tembakan Solanke masih kurang terkendali, hingga gagal membuahkan gol.

Skuad Southgate jadi yang terbaik kedua. Mereka juga menjadi tim yang tak terkalahkan dengan dua hasil imbang tanpa gol saat hadapi jawara Piala Dunia 2014 Jerman dan Brasil di jeda internasional kali ini.

“Dari segi hati, ketahanan dan semangat itu ada di atas dengan apapun yang pernah saya hadapi,” tambah Southgate kepada ITV Sport.

“Kami tidak bisa memegang bola dan menguasainya. Malam ini kami hanya tunjukkan ketahanan, keberanian dan beberapa pembelaan yang luar biasa, dan saya sangat bangga,” tandasnya.

Sepakbola.cc