Grup Neraka: Mungkinkah Belanda lolos secara ajaib?

9

Skenario gila Grup Neraka malam ini: Mungkinkah Belanda lolos? Belanda bisa lolos jika menang dengan selisih 2 gol minimal atas Portugal DAN di saat sama Denmark kalah. Jika Denmark menang atas Jerman maka biar pun Belanda menang 10-0 atau 100-0 sekali pun, mereka tetap harus angkat koper. Denmark harus kalah berapa banyak tidak relevan untuk […]

Internasional Liga Europa Liga Jerman  - Grup Neraka: Mungkinkah Belanda lolos secara ajaib?

Skenario gila Grup Neraka malam ini: Mungkinkah Belanda lolos?

Belanda bisa lolos jika menang dengan selisih 2 gol minimal atas Portugal DAN di saat sama Denmark kalah. Jika Denmark menang atas Jerman maka biar pun Belanda menang 10-0 atau 100-0 sekali pun, mereka tetap harus angkat koper.

Denmark harus kalah berapa banyak tidak relevan untuk Belanda. Kalah 0-1 pun sudah cukup untuk menyingkirkan tim asal Skandinavia itu. Syaratnya di saat yang sama Belanda menang selisih 2 gol, misalnya 3-1 atau 2-0 atau 4-2.

Skenario sisanya, Belanda pulang kandang. Belanda draw, pulang! Belanda kalah sudah jelas pulang! Denmark menang biarpun cuma 1-0, Belanda pulang. Denmark kalah pun, namun Belanda cuma bisa menang dengan selisih satu gol, misalnya 2-1 atau 3-2 atau 1-0, pulang juga.

Mengapa? Karena ada tiga tim yang memiliki nilai sama maka butir kedua dari aturan tiebreaker UEFA digunakan, yaitu selisih gol yang dikumpulkan dalam pertandingan yang melibatkan tim-tim tersebut (jika ada lebih dari dua tim yang memiliki poin sama).

Untuk melihat tiga tim terbawah Grup Neraka yang memiliki nilai sama 3 maka Jerman dicabut dulu sementara karena nilainya tidak sama. Semua skor atau nilai yang berkaitan dengan Jerman tidak dianggap relevan lebih dulu. Sehingga posisi Denmark, Belanda, dan Portugal adalah sebagai berikut.

*Denmark menang 1-0 vs Belanda dan kalah 2-3 vs Portugal, nilai 3, selisih gol 3-3 atau (0).

*Portugal menang 3-2 vs Denmark dan kalah (menurut skenario) 0-2 vs Belanda malam ini, nilai 3, selisih gol 3-4 atau (-1).

*Belanda kalah 0-1 vs Denmark dan menang (skenario) 2-0 vs Portugal, nilai 3, selisih gol 2-1 atau (+1).

Selisih gol Belanda +1 dibandingkan Denmark (0) dan Portugal (-1). Belanda maju, sisanya silakan menangis.

Coba lihat jika Belanda cuma menang 1-0 malam ini sementara Denmark vs Jerman kalah maka selisih gol dari Denmark adalah 3-4 atau lebih buruk, Portugal 3-3, dan Belanda 1-1.  Dalam kasus ini Portugal maju mendampingi Jerman. Belanda dan Denmark tarik ingus dan menangis.